GAUTAMI, MIRAZEIN (2023) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA SEBAGAI WUJUD PEMBENTUKAN WARGA NEGARA YANG BAIK (Studi Kasus di Kelas X SMAN 25 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) | Preview |
Abstract
Lahirnya Kurikulum Merdeka merupakan sebuah penyelesaian dari permasalahan pendidikam di Indonesia. Dalam proses penerapannya, terdapat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai produk dari Kurikulum Merdeka yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan sistem pendidikan di Indonesia dan dapat mengembangkan karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perencanaan, kendala, dan cara mengatasi kendala implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka sebagai wujud pembentukan warga negara yang baik di SMAN 25 Bandung. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru atau tim fasilitator projek dan peserta didik kelas X. Hasil penelitian menunjukan: (1) Perencanaan implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka di SMA Negeri 25 Bandung telah terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, melalui kegiatan projek peserta didik kelas telah menunjukan karakter sesuai nilai-nilai Pancasila khususnya pada nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, dan Kerakyatan Yang dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan. (2) Kendala yang dihadapi saat kegiatan projek berlangsung diantaranya anggota kelompok yang susah diatur untuk diajak berdo’a bersama, tingginya sikap egosentrisme pada peserta didik, dan sulitnya anggota kelompok untuk diajak musyawarah (3) Dalam mengatasi kendala yang terjadi yaitu melalui cara mengingatkan dan mengajak anggota kelompok untuk melaksanakan ibadah, berdiskusi melakukan evaluasi saling mengingatkan dan saling memaafkan terhadap anggota kelompok yang bersikap egois, dan terus mengajak anggota kelompok untuk mengikuti kegiatan diskusi atau musyawarah. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Warga Negara Yang Baik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 08:10 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 08:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64520 |
Actions (login required)
View Item |