Supriatna, Elsa Amelia (2023) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MAYOUTFIT DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
BAB I.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
Cover Skripsi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (765kB) | Preview |
Abstract
Mayoutfit merupakan usaha yang berdiri sejak tahun 2013 dan bergerak dibidang fashion khusus wanita dengan produk yang diproduksinya yaitu pakaian, tas, sepatu/ sandal, jam tangan, dan kerudung dan lain-lain. Berdasarkan penelitian diketahui terdapat beberapa permasalahan yang terjadi terkait dengan keputusan pembelian yaitu konsumen yang masih memilih produk brand lain sebagai pilihan utama di media sosial TikTok. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh social media marketing melalui TikTok terhadap keputusan pembelian produk pada Mayoutfit di Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan kuisioner. Kuisioner disebarkan kepada konsumen dan calon konsumen Mayoutfit di Kota Bandung sebanyak 97 responden. Untuk teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien determinasi berpengaruh positif antara social media marketing terhadap keputusan pembelian sebesar 50,2% dan sisanya sebesar 49,8% yang dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian yaitu harga, kualitas dan variasi produk. Dalam pelaksanaan social media marketing, Mayoutfit mengalami beberapa hambatan diantaranya kesulitan menggambarkan produk dengan akurat dan banyaknya pesaing dengan kualitas dan harga yang tidak jauh berbeda. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah dengan lebih memaksimalkan strategi social media marketing yang tidak hanya memberikan informasi, inspirasi dan hiburan, tetapi juga dapat mengungkapkan informasi seperti penawaran eksklusif yang hanya ada dalam media sosial TikTok sehingga konsumen dan calon konsumen lebih tertarik untuk melakukan pembelian. Kata Kunci : Social Media Marketing, TikTok, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 05:26 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 05:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64406 |
Actions (login required)
View Item |