PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING(PjBL) BERBANTU MEDIA KONGKRIT

Yulistizar, Animar and Sunata, Sunata (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING(PjBL) BERBANTU MEDIA KONGKRIT. Penelitian Tindakan Kelas.

[img]
Preview
Text
PTK _Animar Yulistizar_.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatkan pemahaman konsep dan ketuntasan belajar pada matematika maka peneliti melakukan penelitian kepada sejumlah peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Teluk Pucung VI Kecamatan Bekasi Utara Kota Bekasi terutama di kelas VI pada semester ganji tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 20 peserta didik. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 1 Pra siklus dan 2 siklus. Teknik yang dilakukan menggunakan analisis data yaitu tes evaluasi yang berbentuk tes tertulis sebanyak 5 soal pilihan ganda dan 5 soal isian singkat. Dari hasil penelitian bahwa kualitas yang ditunjukan pada prasiklus dengan nilai rata – rata adalah 67.5 , pada siklus I maka nilai rata – rata 72.5 masih belum mencukupi Kriteria ketuntasan minimal (KKM), pada siklus II maka nilai rata2 semua diatas KKM yaitu 80. Dengan nilai ketuntasan pada prasiklus yaitu 25%, nilai ketuntasan siklus I yaitu 60%, nilai ketuntasan siklus II yaitu 90%. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran ProjectBased Learning(PjBL) berbantu media kongkrit dapat meningkatkan pemahaman kosep Matematika. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Matematika, Benda kongkrit

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Jul 2023 03:30
Last Modified: 26 Jul 2023 03:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64389

Actions (login required)

View Item View Item