Ariska, Ayu and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SOAL CERITA MATEMATIKA. Penelitian Tindakan Kelas.
|
Text
PTK_AYUARISKA_.pdf Download (214kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung peserta didik pada mata pelajaran matematika soal cerita kelas 3 tema 1 sub tema 3 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kalipertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 1 Gesik Kecamatan Tengahtani Kabupaten Cirebon yang berjumlah 25 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes tulis menggunakan soal esay 10 soal. Pada kondisi awal pra-penelitian (pra-siklus) persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 44% (11 peserta didik), dengan rata-rata nilai 65. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 68% (17 peserta didik), dengan rata-rata nilai 74. Pada siklus II persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah92% (23 peserta didik), dengan rata-rata nilai 85. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berhitung soal cerita matematika. Kata Kunci: Kemampuan berhitung, Problem Based Learning, Audio Visual
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:15 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64383 |
Actions (login required)
View Item |