PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA

Yuniawati, Sri and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA. Penelitian tindakan Kelas.

[img]
Preview
Text
PTK_SRI YUNIAWATI.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas 5 di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin.yang dilakukan sebanyak dua siklus, dimulai dengan prasiklus, siklus 1 ,dan siklus 2. Subjek penelitian yaitu 37 (tiga puluh tujuh) peserta didik kelas 5 SDN Babelan Kota 08 Kabupaten Bekasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan persentase ketuntasan hasil belajar Pra siklus menunjukkan 32% peserta didik tuntas dan 68% tidak tuntas, siklus-II terdapat 67% tuntas dan 33% tidak tuntas, serta siklus-II terdapat 92% tuntas dan 8% tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan audio visual dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca peserta didik kelas 5. Kata Kunci: Problem Based Learning, Audio Visual, Pemahaman Membaca

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:50
Last Modified: 17 Jul 2023 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64300

Actions (login required)

View Item View Item