Wulansari, Endah and Sunata, Sunata PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Penelitian Tindakan Kelas.
|
Text
PTK_ENDAH WULANSARI.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang kelas 6 tema 4 sub tema 1 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio visual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak tiga siklus dimana setiap siklus dilakukan dalam satu kali pertemuan. Setiap pertemuan berlangsung selama 2 jam pelajaran (2x35 menit). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN Tenjolaya I Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang yang berjumlah 26 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes tulis menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Pada kondisi awal pra-penelitian (pra-siklus) persentase siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 42% (11 peserta didik), dengan rata-rata nilai 57. Setelah diberikan tindakan pada siklus I persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 65% (17 peserta didik), dengan rata-rata nilai 67. Pada siklus II persentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 77% (20 peserta didik), dengan rata-rata nilai 75,5. Pada tahap akhir yaitu siklus ke III presentase peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 81% ( 21 peserta didik), dengan rata-rata nilai 76. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Audio Visual
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:17 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64295 |
Actions (login required)
View Item |