Sisca, Sisca and Abdurohim, Dindin and Alfiana, Alfiana and Muniarty, Puji and Indriana, Ina and Suprapto, Suprapto and Mardhiah, Mardhiah and Putra, Angga Ranggana and Hartati, Andi and Pattinama, Gwenn Louida Lee and Fatira AK, Marlya and Bagenda, Christina (2023) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PERUSAHAAN. Widina Bhakti Persada Bandung, Bandung. ISBN 978-623-5811-74-1
|
Text
buku corporate social responsibility perusahaan.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Corporate social responsibility (CSR) merupakan salah satu isu yang menarik dan banyak dibahas saat ini, konsep CSR ini merupakan manifestasi dari konsep social sustainability. Konsep social sustainability lahir sebagai kelanjutan konsep economic sustainability dan environmental sustainability yang telah dicetuskan sebelumnya dalam pertemuan di Yohannesberg pada tahun 2002 yang dilatarbelakangi oleh dua alasan berikut; pertama konsep economic sustainability dan environmental sustainability belum dapat meningkatkan kesejahteraan komunitas di berbagai negara di dunia dan kedua perlunya sebuah tatanan aturan untuk menyeimbangkan kesejahteraan pembangunan baik di negaranegara selatan maupun negara-negara utara. Untuk mengatasi hal tersebut dirumuskan suatu visi bersama dalam dunia usaha untuk mewujudkan kebersamaan aturan bagi kesejahteraan umat manusia yaitu konsep social sustainability. Dalam perkembangan selanjutnya ketiga konsep ini menjadi tolak ukur bagi perusahaan untuk melaksanakan tanggung jawab sosial yang dikenal dengan corporate social responsibility (CSR). CSR merupakan isu penting dalam menjamin keberlangsungan dunia usaha saat ini. Dunia usaha tidak akan bisa berkembang tanpa memperhatikan situasi dan kondisi lingkungan sosial di mana perusahaan berada sehingga pelaksanaan CSR menjadi suatu keharusan bagi perusahaan untuk mendukung aktivitas bisnisnya, bukan hanya sekedar pelaksanaan tanggung jawab melainkan menjadi suatu kewajiban bagi dunia usaha. Implementasi CSR harus menjadi suatu bagian dalam peran bisnis dan termasuk dalam kebijakan bisnis perusahaan, sehingga dunia bisnis bukan hanya merupakan suatu organisasi yang berorientasi pada pencapaian laba maksimal tetapi juga menjadi suatu organisasi pembelajaran, di mana setiap individu yang terlibat di dalamnya memiliki kesadaran sosial dan rasa memiliki tidak hanya pada lingkungan organisasi saja melainkan juga pada lingkungan sosial di mana perusahaan berada.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:54 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 06:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/64286 |
Actions (login required)
View Item |