Setiawan, Martin (2023) INOVASI BUSINESS MODEL CANVAS PADA USAHA IKAN LUKI MAS BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan usaha di bidang perikanan mengalami sebuah peningkatan, usaha perikanan bisa menjadi sumber pendapatan bagi semua pihak. Banyak pengusaha ikan yang mengembangkan usahanya agar dapat diminati oleh banyak kalangan. Penelitian ini membahas tentang inovasi model bisnis dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas pada usaha ikan LUKI MAS di Pasir Impun Bandung. LUKI MAS adalah sebuah bisnis yang bergerak di bidang perikanan yang beralamat di jalan Pasir Impun Bandung. Berdasarkan penelitian di lapangan, peneliti mengemukakan masalah dalam kegiatan perusahaan yang belum berhasilnya model bisnis yang digunakan oleh LUKI MAS. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk memberikan strategi dan model bisnis yang tepat kepada LUKI MAS berdasarkan Business Model Canvas, mengetahui Business Model Canvas yang diterapkan pada LUKI MAS serta mengetahui desain model bisnis yang tepat bagi LUKI MAS Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data primer menggunakan triangulasi sumber melalui observasi partisipatif, wawancara terstruktur, materi audio dan visual, sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian, bahwa gambaran model bisnis LUKI MAS dengan menggunakan Business Model Canvas secara garis besar dapat dikatakan sudah cukup baik serta berdasarkan hasil evaluasi menggunakan analisis SWOT menghasilkan rekomendasi strategi bisnis baru, model bisnis yang saat ini sudah berjalan mampu memenuhi Sembilan elemen blok bangunan Business Model Canvas. Hasil dari analisa Business Model Canvas pada customer segments LUKI MAS memiliki target pelanggan dari anak-anak hingga orang dewasa. Value Propositions dengan ikan segar yang berkualitas yaitu asli dari bendungan Cirata dan dijual dengan harga yang terjangkau dengan channels penjualan langsung. LUKI MAS mampu membangun customer relationships yang baik dengan pelanggan menggunakan customer service dan delivery order. Key activities LUKI MAS terletak pada pembelian bahan baku, pengemasan hingga penjualan dengan key resources yang dimiliki yaitu pegawai dan bukti fisik. Untuk key partnerships LUKI MAS bekerja sama dengan berbagai supplier bahan baku yang berpengaruh dengan cost structure berupa biaya produksi hingga penjualan, untuk revenue streams pendapatan diterima melalui penjualan. Kata Kunci: Business Model Canvas, Inovasi Bisnis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2023 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 01:26 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 01:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63903 |
Actions (login required)
View Item |