FORMULASI KARAKTER SOCIAL JUSTICE DALAM PENDIDIKAN HUKUM YANG DAPAT DIKEMBANGKAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING

Hesti Septianita, SH., MH., - and Synthiana Rachmie, SH, MH, - and Fania Melinda Fasih, 181000461 (2023) FORMULASI KARAKTER SOCIAL JUSTICE DALAM PENDIDIKAN HUKUM YANG DAPAT DIKEMBANGKAN MELALUI PEMBELAJARAN DARING. Project Report. FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN, BANDUNG. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN AKHIR HIBAH INTERNALKel Hesti Septianita (1).docx

Download (0B)
[img] Text
LAPORAN AKHIR HIBAH INTERNALKel Hesti Septianita (1).docx

Download (1MB)

Abstract

Merebaknya virus pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan disrupsi di seluruh penjuru dunia memaksa pendidikan mengubah dan menggubah strategi pengajaran dan pembelajarannya. Penggunaan teknologi virtual adalah pilihan yang sejauh ini dianggap paling tepat untuk tetap menyelenggarakan pendidikan dan mencegah missing generation dalam pendidikan. Perubahan dan pergeseran metode ini juga menjadi sesuatu yang harus dilakukan oleh pendidikan hukum menyangkut penanaman sensitivitas keadilan sosial mahasiswa hukum. Pada situasi normal, ketika pembelajaran hukum yang bertujuan untuk menanamkan dan mengembangkan sensitivitas sosial yang berkeadilan dilaksanakan secara luring, mahasiswa diberikan pengalaman berinteraksi langsung dengan masyarakat miskin dan marjinal untuk melihat langsung kondisi ketidak adilan dan atau kondisi buta hukum yang dialami masyarakat dimana engagement tersebut mengembangkan karakter advokat-advokat keadilan sosial. Namun situasi pandemi tidak memungkinkan pengalaman ini bisa dilakukan. Ruang virtual menjadi kendala besar karena jaringan internet dan perangkat digital yang menjadi fasilitas utama keberlangsungan proses pembelajaran menjadi problem besar karena tidak semua pembelajar mempunyai akses kepada perangkat dan jaringan internet itu dan hampir dipastikan masyarakat miskin dan marjinal pun demikian. Sehingga perlu ada model pembelajaran yang bisa menyelenggarakan pembelajaran social justice secara daring yang bisa membentuk karakter pejuang keadilan sosial. Sebelum sampai pada desain pembelajaran daring yang diharapkan tepat dan efektif tersebut, perlu diteliti dan dipetakan karakter dan soft skills apa saja yang harus dipunyai oleh advokat keadilan sosial? Penelitian ini bertujuan khusus untuk memformulasikan karakter social justice dalam pendidikan hukum yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran daring Formulasi karakter keadilan sosial yang bisa dikembangkan melalui pembelajaran jarak jauh merupakan state of art dari penelitian ini yang menjadikan penelitian ini penting sebagai kajian dasar dalam menemukan model pendidikan social justice melalui pembelajaran daring. Target luaran dari penelitian ini adalah publikasi paper pada jurnal cetak maupun elektronik yang terakreditasi Sinta 2 yaitu Journal of Innovation in Educational and Cultural Research. dan atau publikasi pada prosiding seminar atau konferensi nasional yaitu International Conference on Social Movement. Tingkat KesiapTerapan yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah 1 karena mengkaji formulasi hipotesis riset atas karakter social justice dalam pendidikan hukum yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran daring.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2023
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 05 Jun 2023 09:24
Last Modified: 09 Jun 2023 03:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63876

Actions (login required)

View Item View Item