PENGARUH KOMPONEN PELATIHAN TERHADAP PRESTASI DAN IMPLIKASINYA BAGI KOMPETENSI GURU PESERTA PLPG DI RAYON 34 TAHUN 2010

Yogaswara, Sri Marten (2012) PENGARUH KOMPONEN PELATIHAN TERHADAP PRESTASI DAN IMPLIKASINYA BAGI KOMPETENSI GURU PESERTA PLPG DI RAYON 34 TAHUN 2010. Prosiding Seminar Internasional Manajemen Pendidikan, 2 (1). i-73. ISSN 2008.0227

[img]
Preview
Text
01_Cek_Prosiding PENGARUH KOMPONEN PELATIHAN TERHADAP PRESTASI DAN IMPLIKASINYA BAGI KOMPETENSI GURU PESERTA PLPG DI RAYON 34.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Ditinjau dari sisi teori pelatihan, penerapan komponen-komponen pelatihan memberikan pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap raihan prestasi peserta pelatihan serta berimplikasi terhadap kompetensi peserta pelatihan. Sinergitas penerapan komponen-komponen pelatihan akan memberikan kemudahan kepada peserta untuk memahami materi sehingga peserta mampu berprestasi dalam penilaian prestasi. Ditinjau dar:i sisi teori perilaku individu dalam organisasi, kegiatan peserta pelatihan berkaitan dengan tiga aspek, yakni aspek biografis individu, motivasi berprestasi, serta stres dan strategi menanggulangi stres. Ketiga aspek tersebut dapat menjadi faktor penghambat atau penciorong raihan prestasi peserta pelatihan. Penelitian difokuskan pada pengaruh komponen-komponen PLPG terhadap prestasi dan lmplikasinya bagi kompetensi guru peserta PLPG di Rayon 34. Tujuan penelitian adalah mendapatkan hasil kajian persepsi peserta PLPG mengenai penerapan komponen-komponen PLPG dalam mencapai tujuan PLPG serta persepsi kompetensi guru setelah PLPG. Tujuan lain dari penelitian adalah mendapatkan hasil kajian pengaruh komponen-komponen PLPG terhadap prestasi dan implikasinya bagi kompetensi guru peserta PLPG. Hasil penelitian diharapkan memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu manajemen, khususnya pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan induktif, yaitu mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis serta menyusun kesimpulan dan saran. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Pada umumnya peserta mempersepsi penerapan komponen pelatihan dalam PLPG, mencakup: penilaian kebutuhan PLPG, sumber daya PLPG, evaluasi PLPG, peserta PLPG dalam kegiatan PLPG di Rayon 34 tahun 2010 adalah baik. 2. Sebagian besar peserta PLPG memenuhi persyaratan kelulusan ujian tulis, sementara pada penilaian praktik kinerja, penilaian partisipasi, serta penilaian teman sejawat hampir seluruh peserta memenuhi persyaratan kelulusan. 3. Kompetensi guru para peserta PLPG setelah mengikuti PLPG tahun 2010 dipersepsi oleh sebagian besar atasan atau teman sejawat peserta sebagai sangat baik, dan hampir setengah dari mereka memberikan persepsi baik. 4. Terdapat pengaruh simultan dan parsial penilaian kebutuhan PLPG, sumber daya PLPG, evaluasi PLPG, dan peserta PLPG terhadap prestasi peserta PLPG. Komponen sumber daya PLPG memberikan kontribusi terbesar terhadap raihan prestasi peserta PLPG, sementara komponen penilaian kebutuhan PLPG memberikan kontribusi paling rendah terhadap raihan prestasi peserta PLPG. 5. Terdapat pengaruh prestasi peserta PLPG terhadap kompetensi peserta PLPG pada PLPG Rayon 34 tahun 2010. Hasil penelitian berimplikasi terhadap pemikiran model pelatihan yang dapat digunakan untuk berbagai pelatihan sumber daya manusia. Kata kunci: Pelatihan, prestasi, kompetensi guru, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru TPLPG)

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 May 2023 06:41
Last Modified: 29 May 2023 06:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63833

Actions (login required)

View Item View Item