Khaerunissa, Zakya and Nurwulan, Riany Laila (2023) DAMPAK PELAKSANAAN SOSIALISASI TERHADAP PARTISIPASI BERSEKOLAH ANAK TIDAK SEKOLAH (ATS) MELALUI PROGRAM GERAKAN KEMBALI BERSEKOLAH (GKB) DI KABUPATEN BREBES, JAWA TENGAH. JURNAL ILMU KESEJAHTERAAN SOSIAL “HUMANITAS” FISIP UNPAS, 4 (1). pp. 1-13. ISSN E-ISSN Online : 2656-9353 ISSN Cetak : 1693-2358
|
Text
DAMPAK PELAKSANAAN SOSIALISASI TERHADAP PARTISIPASI .pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Dampak Pelaksanaan Sosialisasi terhadap Partisipasi Bersekolah Anak Tidak Sekolah (ATS) melalui Program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) Di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar dampak pelaksanaan sosialisasi program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) terhadap partisipasi bersekolah Anak Tidak Sekolah (ATS). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB); (2) Untuk mengetahui bagaimana partisipasi bersekolah Anak Tidak Sekolah (ATS) terhadap program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB); (3) Untuk mengetahui apa saja hambatan dalam pelaksanaan program GKB dan upaya dalam menghadapi hambatan; dan (4) Implikasi praktis dan teoritis pekerja sosial dalam menangani Anak Tidak Sekolah (ATS). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi literatur. Pemilihan informan yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu orang-orang yang sengaja dipilih sesuai dengan kriteria kebutuhan penelitian. Jumlah informan pada penelitian ini, yaitu tiga orang dengan rincian sebagai berikut: satu orang dari ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Kabupaten Brebes, satu orang peneliti muda dari Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Kabupaten Brebes, dan satu orang perencana muda dari Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) Kabupaten Brebes. Pengumpulan data menggunakan data sekunder dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis komponensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam pelaksanaan program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) terdapat 3 alur pelaksanaanya, yaitu pendataan, pengembalian, pendampingan dan pemantauan; 2) Dampak program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) yang ada di Kabupaten Brebes memiliki dampak, tetapi belum sepenuhnya berhasil terhadap peningkatan partisipasi bersekolah; 3) Dalam pelaksanaan program GKB terdapat beberapa hambatan, yaitu dari faktor data, faktor kepemerintahan, dan faktor anggaran dana. Adapun upaya yang dilakukan dalam menghadapi hambatan tersebut, yaitu sosialisasi mengenai pentingnya pendidikan; 4) Peran pekerja sosial dalam menangani Anak Tidak Sekolah (ATS) adalah sebagai penghubung, fasilitator, dan motivator. Kata Kunci: Anak Tidak Sekolah (ATS), Program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB), Partisipasi Bersekolah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | JOURNAL |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2023 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 11 May 2023 01:37 |
Last Modified: | 11 May 2023 01:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63720 |
Actions (login required)
View Item |