Putri, Audrie Adinda (2023) PENGARUH CONTENT MARKETING INSTAGRAM @SOKA_INDONESIA TERHADAP BRAND AWARENESS MEREK SOKA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
PT. Soka Cipta Niaga merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang produksi, distribusi, dan perdagangan industri halal, seperti halal fashion, halal food, dan halal tourism yang didistribusikan baik secara offline maupun online di pasar nasional hingga internasional. Melalui akun Instagram @soka_indonesia, perusahaan ini melakukan digital marketing untuk salah satu merek usahanya, SOKA, yang menyediakan produk seperti kaus kaki, hijab, inner hijab, manset, dan masker. Berdasarkan hasil penelitian didapati permasalahan mengenai content marketing yang menyebabkan masih banyak konsumen yang belum menjadikan merek SOKA sebagai merek utamanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh content marketing Instagram @soka_indonesia terhadap brand awareness merek SOKA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data primer dilakukan melalui observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu persamaan regresi linier sederhana, koefisien korelasi rank spearman, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara content marketing Instagram @soka_indonesia terhadap brand awareness merek SOKA. Kontribusi atau pengaruh dari content marketing terhadap brand awareness adalah sebesar 40,9%. Adapun hambatan yang dihadapi @soka_indonesia di antaranya adalah belum jelasnya segmentasi pasar yang ingin dijangkau, kurang tersedia konten yang membahas mengenai produk secara mendalam, dan kurang baiknya fasilitas pendukung untuk pembuatan konten. Upaya yang dilakukan adalah menetapkan segmentasi pasar Instagram, berkolaborasi dengan bagian produksi atau R&D untuk mendapatkan informasi produk secara menyeluruh, dan mengajukan pengadaan fasilitas yang mendukung untuk memproduksi konten. Saran untuk perusahaan adalah sebaiknya bisa untuk terus mengikuti tren yang ada sehingga konten yang dibuat tetap up to date, namun dengan tetap memperhatikan segmentasi pasar yang dituju. Kemudian sebaiknya perusahaan menyajikan konten mengenai informasi produk yang lengkap dan menyeluruh sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen atas informasi produk. Kata kunci: content marketing, brand awareness, kesadaran merek, pemasaran konten
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 18 Apr 2023 03:29 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 03:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/63481 |
Actions (login required)
View Item |