ANALISIS PENERAPAN ELECTRONIC GOVERNMENT (E-GOV)DI KECAMATAN CINAMBO KOTA BANDUNG

Hafidl Maulana Akbar Al-Husen, NPM. 208010015 (2023) ANALISIS PENERAPAN ELECTRONIC GOVERNMENT (E-GOV)DI KECAMATAN CINAMBO KOTA BANDUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Hafidl Maulana Akbar Al-Husen_MAKP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerapan electronic government di Kecamatan Cinambo masih belum dapat berjalan secara optimal. Permasalahan utama di dalam penelitian ini yaitu belum maksimalnya sosialisasi konsep e-government, kurangnya kualitas dan kuantitas pengelola e-government, dan rendahnya partisipasi warga dalam pelaksanaan pelayanan melalui website.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan e-government di Kecamatan Cinambo dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat penerapan tersebut. Upaya menjawab permasalahan dan tujuan penelitian dilakukan dengan menggunakan elemen sukses pengembangan e-government menurut Harvard JFK School of Government antara lain support, capacity, dan value. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan studi pustaka. Selanjutnya data-data dikumpulkan dan dianalisis dengan model analisis data alur melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemudian untuk mengetahui kelayakan data, dilakukan pengujian keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-government di Kecamatan Cinambo belum dapat berjalan secara optimal karena adanya beberapa faktor penghambat yaitu sosialisasi penerapan e-goverment yang belum dilakukan secara merata,kontinyu, dan menyeluruh kepada seluruh masyarakat Kecamatan Cinambo. Capacity yang sangat terbatas dengan sumber daya finansial, infrastruktur teknologi informasi dan sumber daya manusia yang kurang memadai. Sehingga upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi hambatan tersebut adalah bekerjasama antar pihak Kecamatan, RW dan RT membuat pamflet/poster mengenai ajakan untuk melakukan pelayanan yang berbasis online agar masyarakat lebih tertarik dan memahami mengenai pelayanan online di Kecamatan Cinambo. Adanya pemangkasan biaya untuk program Kecamatan berdasarkan prioritasnya. Melakukan pengelolaan barang dan website agar tidak terjadi error atau terdapat menu-menu yang tidak bisa di akses. Adanya kerjasama antara pihak Kecamatan Cinambo dengan Diskominfo Kota Bandung untuk membuat program seminar dan pelatihan khusus aparatur desa mengenai perkembangan teknologi yang akan merujuk kepada pelayanan berbasis online. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Electronic Government, Kecamatan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Administrasi dan Kebijakan Publik 2023
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:40
Last Modified: 19 Oct 2023 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62783

Actions (login required)

View Item View Item