Chairunnisa, Salsa Fazira (2023) STRATEGI KOMUNIKASI FESTIVAL LEGU GAM DALAM MENGOMUNIKASIKAN BUDAYA LOKAL KEPADA MASYARAKAT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (19kB) |
||
|
Text
ABSTRAK 3 Bahasa.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (768kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang festival kebudayaan yang dimiliki oleh Kesultanan Ternate, yang merupakan aset daerah dan juga sebagai pelestarian budaya lokal sekaligus memperkenalkannya kepada masyarakat lokal, nasional, maupun internasional. Festival Legu Gam ini sudah menjadi festival tahunan yang masuk dalam kalender event Kementrian Parawisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Untuk tetap melaksanakan event budaya yang telah dilaksanakan hampir 20 tahun sejak 2002, maka diperlukan strategi komunikasi yang efektif dan lebih dikembangkan lagi kepada masyarakat luas yang ada di seluruh dunia. Penelitian ini mengangkat judul terkait “Strategi Komunikasi Festival Legu Gam dalam Mengkomunikasikan Budaya Lokal Kepada Masyarakat” yang mengkaji strategi komunikasi, penyusunan pesan yang dilakukan oleh Kesultanan Ternate dan efek komunikasi dari Festival Legu Gam. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan metode history. Penggunaan metode ini guna mendeskripsikan atau menggambarkan tentang strategi komunikasi yang dilakukan oleh Kesultanan Ternate sebelum pandemi dan melibatkan enam orang informan yang terlibat dalam Festival Legu Gam. Sedangkan teori pendukung yang digunakan adalah teeori interaksi simbolik dan konsep strategi komunikasi dari Hafied Cangara. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) strategi komunikasi yang dilakukan oleh Kesultanan Ternate selaku pihak penyelenggara dalam menentukan komunikator yang mencakup kredibilitas, daya tarik, dan power serta menjalin kerja sama dengan semua pihak baik dalam daerah maupun pusat. (2) Strategi penyusunan pesan yang dilakukan dengan menyusun tema festival sesuai dengan latar belakang dari kota Ternate dan menjadikan budaya lokal sebagai daya tarik yang bersifat informatif, edukasi, dan persuasi. (3) Efek komunikasi dari Festival Legu Gam terdapat 3 perubahan yaitu perubahan pemikiran, sikap dan perilaku. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Festival Legu Gam
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 02:35 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 02:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62755 |
Actions (login required)
View Item |