ASTRIYAN, LINDA, 175020096 (2023) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Survey pada peserta didik Jurusan Akuntansi di SMK LPPM RI 1 Bandung tahun ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
7. Ringkesan.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (403kB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik Jurusan Akuntansi SMK LPPM RI 1 Bandung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Jurusan Akuntansi SMK LPPM RI 1 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa survey. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dengan menggunakan media Google from, teknik analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic Verson 25.0. 19. Dimana hasil peneleti ini menjelaskan bahwa: (1) lingkungan sekolah menunjukan hasil data dengan rata rata jawaban 4,19 dengan prosentase 83,84% termasuk kedalam kategori sangat baik. (2) Motivasi belajar menunjukan hasil data rata-rata 4,25 dengan prosentase 84,97% dalam kriteria kualitas tinggi. (3) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar peserta didik Jurusan Akuntansi di SMK LPPM RI 1 Bandung sebesar 49,5%. Sementara sisanya sebesar 50%, dipengartuhi oleh variabel lain. Dimana prosentase 49,5% susag termasuk dalam kategori cukup kuat. Adapun penulis menyarankan kepada beberapa pihak (1) Kepala sekolah diharapkan mampu menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif bagi peserta didik serta memberikan kesempatan kepada semua guru untuk mengikuti kegiatan di luar sekolah sebagai upaya peningkatan keterampilan mengajar yang dapat meningkatkan motivasi dalam pembelajaran. (2) Guru diharpkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi siswa sehingga siswa lebih termotivasi untuk belajar dan tujuan pendidikan tercapai secara optimal. (3) Bagi penulis selanjutnya diharapkan mampu mengidentifikasi faktor-faktor lain yang berkontribusi terhadap motivasi siswa selain dari lingkungan sekolah, seperti prestasi siswa, motivasi siswa, dan sebagainya, agar dapat memahami kontribusi yang diberikan. tersedia untuk motivasi siswa. Kata Kunci: Lingkungan sekolah, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 02:09 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 02:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62683 |
Actions (login required)
View Item |