ANISA, PANI NUR, 185060085 (2023) PENGARUH APLIKASI WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover skripsi.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (698kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indo.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
Abtrak Inggris.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (592kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (854kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 042 Gambir Kota Bandung dikarenkan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Guru banyak yang belum menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi dalam pelaksanaan belajar mengajar, sehingga membuat siswa lambat dalam memahami materi yang disampaikan. Dengan begitu, diperlukan model pembelajaran dan media yang bervariasi salah satunya menggunakan model pembelaran berbasis game (PBG). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media wordwall sebelum dan sesudah terhadap pengaruh hasil belajar siswa di kelas V dengan model pembelajaran berbasis game pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control grup. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan postest yang dijadikan sebagai data hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas VA sebagai kelas Eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis game (PBG) berbantuan media worwall sedangkan untuk kelas VB sebagai kelas Kontrol dengan menggunakan model pemebelajaran konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, Uji Effect Size, dan Uji N-Gain yang dibantu dengan IBM SPSS Statistic. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis game (PBG) berbantuan media worwall dan gambaran proses pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai signifikan sebesar 0,321 melalui uji homogenitas, terdapat peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen sebanyak 56% dan 33,3% di kelas kontrol melalui uji N-gain, dan terdapat pengaruh model pembelajran berbaisis game (PBG) sebesar 1, 01 yang berkategori besar melalui uji effect size. Dengan demikian model pembelajaran berbasis game (PBG) berbantuan media wordwall memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 042 Gambir kota Bandung. Kata Kunci: Model Pmebelajaran Berbasis Game (PBG). Media Wordwall, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 02:38 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 02:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62088 |
Actions (login required)
View Item |