PENGARUH APLIKASI WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V

ANISA, PANI NUR, 185060085 (2023) PENGARUH APLIKASI WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover skripsi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indo.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abtrak Inggris.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 042 Gambir Kota Bandung dikarenkan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Guru banyak yang belum menggunakan model pembelajaran dan media yang bervariasi dalam pelaksanaan belajar mengajar, sehingga membuat siswa lambat dalam memahami materi yang disampaikan. Dengan begitu, diperlukan model pembelajaran dan media yang bervariasi salah satunya menggunakan model pembelaran berbasis game (PBG). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media wordwall sebelum dan sesudah terhadap pengaruh hasil belajar siswa di kelas V dengan model pembelajaran berbasis game pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control grup. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan postest yang dijadikan sebagai data hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas VA sebagai kelas Eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran berbasis game (PBG) berbantuan media worwall sedangkan untuk kelas VB sebagai kelas Kontrol dengan menggunakan model pemebelajaran konvensional. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, Uji Effect Size, dan Uji N-Gain yang dibantu dengan IBM SPSS Statistic. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis game (PBG) berbantuan media worwall dan gambaran proses pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai signifikan sebesar 0,321 melalui uji homogenitas, terdapat peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen sebanyak 56% dan 33,3% di kelas kontrol melalui uji N-gain, dan terdapat pengaruh model pembelajran berbaisis game (PBG) sebesar 1, 01 yang berkategori besar melalui uji effect size. Dengan demikian model pembelajaran berbasis game (PBG) berbantuan media wordwall memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 042 Gambir kota Bandung. Kata Kunci: Model Pmebelajaran Berbasis Game (PBG). Media Wordwall, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:38
Last Modified: 10 Feb 2023 02:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62088

Actions (login required)

View Item View Item