PENGARUH GERAKAN LITERASI MEMBACA TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

ANDYKA, SILVA, 185060014 (2023) PENGARUH GERAKAN LITERASI MEMBACA TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGARUH GERAKAN LITERASI MEMBACA TERHADAP MINAT BACA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Skripsi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Silva Andyka(2).pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB IV...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Rendahnya minat baca peserta didik menyebabkan kurangnya kepemahaman terhadap pembelajaran. Penunjang keberhasilan Pendidikan di Indonesia yaitu peserta didik yang memiliki wawasan pengetahuan yang luas, hal itu dapat diwujudkan ketika peserta didik memiliki minat baca yang tinggi. Dengan demikian penulis tertarik untuk menerapkan gerakan literasi membaca. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gerakan literasi membaca terhadap minat baca siswa kelas v sekolah dasar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuasi Eksperimrn. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah berbeda yaitu kelas VC SDN Kacapiring sebagai kelas eksperimen dan kelas VA SDN 042 Gambir Kota Bandung sebagai kelas kontrol, dengan populasi sebanyak 50 siswa. Teknit sampling yang digunakan yaitu purposive sampling maka, dari kelas eksperimen dan kontrol masing-masing akan diambil sampel sebanyak 23 siswa, total keseluruhan sebanyak 46 siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan kegiatan literasi dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional tanpa diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan yang digunakan berupa angket gerakan literasi emembaca dan angket minat baca. Berdasarkan hasil penelitian yang dibantu dengan IBM SPSS Statistik , terdapat perbedaan anatara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada angket gerakan literasi dengan nilai signifikansi sebesar 0,259 dan pada angket minat baca sebesar 0,875 melalui uji homogenitas serta terdapat pengaruh gerakan literasi membaca terhadap minat baca siswa sebesar 0,484 yang berkategorikan sedang pada angket gerakan literasi dan pada angket minat baca sebesar 0,712 yang berkategorikan besar melalui uji effect size. Kemudian berdasarkan hasil uji Independent sampel T Test didapat nilai Sig. (2-tailed) sebesar ,000 > 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Hα diterima. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata kelas ekperimen hasil angket gerakan literasi sebesar 59,86 kemudian pada kelas kontrol sebesar 45,65. Sedangkan angket minat baca pada kelas eksperimen sebesar 70,60 kemudian pada kelas kontrol sebesar 69,39. Kata Kunci: Gerakan Literasi, Minat Baca

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:26
Last Modified: 10 Feb 2023 02:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62086

Actions (login required)

View Item View Item