PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Restiana, Dina and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas. pp. 1-11.

[img]
Preview
Text
Artikel_Dina Restiana & Sunata_PTK_2022.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas III di SD Negeri Cipageran Mandiri 2 pada Tema 4 (Hak dan Kewajibanku) subtema 2 (Hak dan Kewajibanku sebagai warga negara) pembelajaran 1 dari 31 siswa hanya 15 siswa atau sekitar 48,38% yang mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 70,10. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan media pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Cipageran Mandiri 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Stephen Kemmis dan Robyn McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan adalah model Problem Based Learning berbantuan media video. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan ragam persentase. Pada siklus I 25 dari 31 siswa atau 80,06% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 74,83. Pada siklus II 28 dari 31 siswa atau 90,32% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata kelas 80,32. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Media Video

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Feb 2023 07:54
Last Modified: 03 Feb 2023 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62069

Actions (login required)

View Item View Item