Selpiani, Hani and Sunata, Sunata (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Garda Guru: Jurnal PPG Unpas,. pp. 1-9.
|
Text
Artikel_Hani Selpiani & Sunata_PTK_2022_Oke.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media power point dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VI sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI D di SDN Cikaret 1 Bogor pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis & Mc. Taggart terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian yang diperoleh ialah minat belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 75, 61% dan pada siklus II mencapai 83,15%. Pada aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 76,66% dan pada siklus II mencapai 86,66%. Selain itu pada aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 76,43% dan pada siklus II mencapai 85,52%. Kesimpulan pada penelitian ini terdapat peningkatan minat belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media power point pada siswa kelas VI D SDN Cikaret 1 Bogor. Kata Kunci: Minat Belajar Siswa, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Power Point, Siswa Kelas VI
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2023 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 07:51 |
Last Modified: | 03 Feb 2023 07:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62068 |
Actions (login required)
View Item |