Amalia, Dewi and Yogaswara, Yogi and Mohammad Firdaus, Oktri (2023) PERANCANGAN PERBAIKAN PROSES BISNIS LAYANAN KALIBRASI DI BBLM KEMENPERIN DENGAN PENDEKATAN PEMODELAN PROSES BISNIS. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
|
Text
jurnal -dewi amalia.pdf Download (745kB) | Preview |
Abstract
Dalam rangka mendukung kebijakan mutu Balai Besar Logam dan Mesin Kementrian Perindustrian memberikan pelayanan jasa teknis yang profesional untuk memuaskan pelanggan, mempunyai kewajiban untuk memberi pelayanan yang terbaik dan prima. Survei tingkat kepuasan pelanggan terhadap mutu pelayanan jasa teknis ini perlu dilakukan, untuk mengetaui sejauh mana implementasi standar pelayanan yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan data (kuesioner) melalui survei kepuasan pelanggan. Usulan proses bisnis yang dilakukan dengan pemetaan dalam layanan kalibrasi dapat membuat proses menjadi lebih sederhana. Dari data survei kepuasan pelanggan dari tahun 2018 – 2021 didapatkan kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan masih mendapatkan nilai dibawah rata-rata dari yang diharapkan. Kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan dipengaruhi dari SPM yang ditentukan. Sehingga perlu dilakukan usulan perbaikan dalam menentukan SPM untuk mengurangi ketidakefektifan waktu yang digunakan dalam layanan dan ketidakpastian lamanya waktu proses kalibrasi. Dari hasil rekapitulasi SPM tahun 2022 dengan membuat grafik pareto didapatkan keterlambatan SPM dari yang tertinggi adalah laboratorium dimensi sebesar 55,93%, Kemudian dari hasil uraian penyebab keterlambatan pelayanan dengan membuat diagram pareto didapatkan faktor yang berpengaruh dengan nilai tertinggi adalah prosedur kerja sebesar 30,30%. Prosedur kerja meliputi prosesproses bisnis yang terjadi dalam pelaksanaan kalibrasi. Pemetaan dan perancangan bisnis saat ini dibuat berdasarkan SOP pelaksanaan kalibrasi secara keseluruhan dengan bantuan perangkat lunak bigazi modeler. Proses pelaksanaan kalibrasi di laboratorium dimensi (melaksanakan kalibrasi dan mengolah hasil kalibrasi selama 14 hari) sebagai pemetaan dan perancangan alternatif bisnis proses usulan. Perancangan ini dilakukan untuk memperbaiki proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Beberapa skenario dilakukan dari 14 hari sesuai SOP pelaksanaan kalibrasi kemudian 10 hari sesuai dengan SPM yang telah ditetapkan dan usulan 8 hari. Dari skenario 8 hari usulan ini telah disimulasikan dengan menggunakan Sistem Aplikasi Layanan Logam dan Mesin didapatkan realisasi kualitas layanan kalibrasi berdasarkan Standar Pelayanan Minimum (SPM) dapat dilihat jumlah order yang mengalami keterlambatan berdasarkan jumlah alat/item pekerjaan yang telah dilakukan pada triwulan ke 4 didapatkan 3 order yang tidak masuk/keterlambatan SPM dihitung dari tanggal mulai kalibrasi. Sehingga apabila kondisi SDM dan teknologi cepat dan memadai serta dapat dipahami oleh setiap SDM. Usulan proses bisnis yang dilakukan terlihat menjadi lebih sederhana dan tidak terlalu banyak pengambilan keputusan dalam proses. Kata kunci : Proses Bisnis, Standar Pelayanan Minimum, bigazi modeler
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri 2022 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 08:15 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 03:23 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/62016 |
Actions (login required)
View Item |