Sunariah, NPM.179020002 (2022) STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN VOKASI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DI KABUPATEN SERANG. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
Sunariah_DIS.docx Download (716kB) |
Abstract
Penelitian ini fokus dan bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis ketidakefektifan implementasi kebijakan pengembangan pendidikan vokasi berbasis pendidikan karakter pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Serang dengan menggunakan teori MSN-Approach yang dikemukakan oleh Kadji (2008), yang menentukan keberhasilan implementasi kebijakan melalui tiga pendekatan yakni pendekatan Mentality, System dan Network. Penelitian dilakukan di Kabupaten Serang dengan unit analisis adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Kantor Cabang Dinas Pendidikan wilayah Serang dan Cilegon, serta Sekolah Menengah Kejuruan Negeri pilihan di Kabupaten Serang. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan pengembangan pendidikan vokasi berbasis pendidikan karakter pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Serang belum efektif karena aspek mental dan sistem yang masih kurang maksimal. Dalam penelitian ini juga ditemukan aspek lain sebagai kritik terhadap teori MSN-Approach yakni aspek isi kebijakan sebagai novelty atau kebaruan penelitian. Strategi implementasi kebijakan yang tepat untuk pengembangan pendidikan vokasi berbasis pendidikan karakter pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Serang ditemukan dengan menggunakan analisis SWOT, yakni strategi diversifikasi., yakni dengan mengukur potensi ancaman yang akan hadir dan meminimalisir kelemahan yang dimiliki. Kata Kunci : Implementasi kebijakan, SMK, pendidikan karakter
Item Type: | Thesis (Disertasi(S3)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2022 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 03:21 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 03:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61933 |
Actions (login required)
View Item |