POLITIK HUKUM BIDANG PANGAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN INDONESIA FOOD LAW POLITICS AND ITS IMPLEMENTATION IN REALIZING INDONESIAN FOOD SECURITY

Muhammad Amin, NPM. 199030018 (2022) POLITIK HUKUM BIDANG PANGAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN INDONESIA FOOD LAW POLITICS AND ITS IMPLEMENTATION IN REALIZING INDONESIAN FOOD SECURITY. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
DOC-20220304-WA0002..pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LOA_V3N1A11.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Negara Indonesia dalam upaya pembangunaan ketahanan pangan sekaligus menjaga kelestarian hutan dituntut dapat menjalankan perannya menjadi pilar sekaligus dasar dari keberadaan hukum dan sekaligus penggerak hukum itu sendiri jangan sampai negara malah menjadi pusat masalah dari keberadaan hukum yang diciptakannya, sehingga pengaturan mengenai pangan menjadi tidak memiliki kepastian dan kejelasan. Identifikasi masalah adalah: apakah politik hukum bidang pangan dan implementasinya sudah berhasil mewujudkan ketahanan pangan Indonesia. Bagaimana konsep yang tepat tentang politik hukum bidang pangan dan implementasinya yang dapat mewujudkan ketahanan pangan Indonesia. Metode pendekatan menggunakan yuridis normatif. Teknik pengumpulan data yang adalah studi dokumen. Metode analisis data adalah normatif kualitatif. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapatnya beberapa hal yang harus menjadi bahan pertimbangan guna menyempurnakan aturan yang ada. Penyempurnaan tersebut dapat dilihat dari Pasal 2, 4, 14, 17, 36, 123, 124 dan Pasal 132 Undang-Undang Pangan. Dilain sisi, dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan Pasal; 1 dan Pasal 4. Implementasi yang dapat dilihat dari keberhasilan ketahanan pangan adalah di Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Banten yang telah ada peraturan daerahnya. Selain itu, adanya community development dan membanguan platform ketahanan pangan yang akan menjadikan penguatan database pangan yang komprehensif. Kata kunci: politik hukum; implementasi; ketahanan pangan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Hukum 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 16 Dec 2022 02:50
Last Modified: 16 Dec 2022 02:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61921

Actions (login required)

View Item View Item