Nugraha, Yana (2022) MENINGKATKAN USER EXPERIENCE APLIKASI WEB MENGGUNAKAN PENDEKATAN THE FIVE PLANES ( Studi Kasus : SITI-SAPTO QN). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
YanaNugraha_163040049_TeknikInformatika.pdf Download (986kB) | Preview |
Abstract
Pengalaman pengguna atau lebih dikenal dengan User experience (UX) pada sebuah aplikasi web merupakan hal yang sangat penting untuk ditingkatkan. Meningkatkan UX berarti meningkatkan efisiensi yang mengacu pada dua hal: membantu pengguna bekerja lebih cepat dan mengurangi kesalahan. UX yang baik dapat terwujud apabila proses pembangunan suatu produk didasarkan pada kebutuhan pengguna. Memahami kebutuhan pengguna ternyata sudah menjadi prioritas rendah dalam sejarah media khususnya dalam pengembangan aplikasi web. Faktor penyebabnya adalah waktu dan biaya yang terbatas serta developer yang merasa cukup dengan membangun lebih banyak fungsionalitas. Permasalahan yang sama terjadi pada Aplikasi web SITI-SAPTO QN. Aplikasi web ini tidak melibatkan pengguna pada proses pembangunannya, sehingga menyebabkan banyak laporan keluhan pengguna yang diterima oleh developer. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan desain prototipe Aplikasi web SITI-SAPTO QN dengan menggunakan pendekatan The Five Planes sebagai kerangka kerja yang berpusat pada pengguna untuk meningkatkan UX-nya. Prototipe kemudian akan dievaluasi dengan melakukan pengukuran UX menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil dari Penelitian ini adalah rancangan prototipe Aplikasi web SITI-SAPTO QN dan hasil pengukuran Aplikasi web SITI- SAPTO QN menggunakan UEQ yang menunjukkan hasil peningkatan UX yang positif. Kata Kunci: User Experience; The Five Planes; Aplikasi web SITI-SAPTO QN
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2022 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan Kosasih |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 06:43 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 06:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61707 |
Actions (login required)
View Item |