LUCIA SRI ISTANTI, NPM : 198020031 (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DARING YANG EFEKTIF MENGGUNAKAN MS-TEAMS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP SISWA ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas X-MIPA SMA Santa Angela Bandung ). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.
Text
Artikel Lucia Sri Istanti.docx Download (214kB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan dalam dunia Pendidikan. Proses pembelajaran yang tadinya dilakukan secara konvensional dengan tatap muka secara langsung bertransformasi menjadi pembelajaran berbasis IT yang dilakukan secara daring. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan bersama. Sebagai seorang manajer, guru harus mampu merencanakan dan mengelola pembelajaran agar berlangsung secara efektif, khususnya pembelajaran daring menggunakan MS-Teams. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji, menganalisis dan mengetahui : 1) Manajemen guru dalam pembelajaran daring di kelas selama ini. 2) Hasil belajar siswa dalam evaluasi pembelajaran daring 3) Sikap siswa terhadap pembelajaran daring 4) Kendala dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran daring 5) Perbandingan manajemen pembelajaran daring menggunakan MS-Teams yang efektif dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan sikap siswa pada mata pelajaran peminatan di kelas X MIPA tahun pelajaran 2020/2021 dibanding dengan tahun pelajaran 2018/2019 di SMA Santa Angela Bandung. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods. Analisis data yang dilaksanakan dalam penelitian ini menggunakan dua pendekatan, yakni pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Uji Wilcoxon dan Uji Effect Size digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan MS-Teams terhadap hasil belajar dan sikap siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran daring yang efektif mempengaruhi hasil belajar dan sikap siswa. Penggunaan MS-Teams memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar khususnya pada rata-rata PAT mata pelajaran peminatan di kelas X-MIPA di SMA Santa Angela Bandung, sehingga rata-rata nilai PAT tahun pelajaran 2020/2021 lebih baik dibanding dengan tahun pelajaran 2018/2019, sedangkan sikap spiritual tahun pelajaran 2018/ 2019 lebih baik dibandingkan tahun pelajaran 2020/2021 sebaliknya sikap sosial tahun pelajaran 2020/2021 lebih baik dibandingkan dengan sikap sosial tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Manajemen pembelajaran, hasil belajar, sikap siswa
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2022 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 07:33 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 07:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61574 |
Actions (login required)
View Item |