PERANCANGAN APLIKASI MARKETPLACE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE WORK SYSTEM FRAMEWORK (STUDI KASUS PASAR CIBEUREUM CIWIDEY)

Alhaq, M. Zikri and Lidya,, Leony (2022) PERANCANGAN APLIKASI MARKETPLACE BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN METODE WORK SYSTEM FRAMEWORK (STUDI KASUS PASAR CIBEUREUM CIWIDEY). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
M Zikri Alhaq_173040027_Teknik Informatika.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya pedagang dan pembeli untuk melakukan transaksi, dimana organisasi pasar yang ada masih sangat sederhana dengan tingkat efisiensi dan spesialisasi yang rendah. Harga yang murah saja tidak menjadi jaminan bagi pasar tradisional untuk dapat bersaing dengan pasar modern, karena dibalik itu ada pasar modern yang mampu menawarkan harga yang sama bahkan lebih murah dari pasar tradisional. Pembeli dalam berbelanja akan lebih cenderung berpindah ke pasar modern, apabila pasar tradisional tidak meningkatkan daya saingnya. Penelitian ini berfokus untuk perancangan aplikasi marketplace untuk Pasar Cibeureum Ciwidey. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat rancangan aplikasi yang memudahkan pedagang dan pembeli di kawasan Pasar Cibeureum Ciwidey dalam melakukan transaksi jual beli serta membantu para pedagang dalam memasarkan barang dagangannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Work System Framework (WSF) untuk melakukan analisis terhadap sistem berjalan dan metode Prototyping dalam melakukan perancangan aplikasi. Hasil dari penelitian ini berupa perancangan aplikasi yang dilakukan sampai pada tahapan pengujian usability testing untuk menghasilkan rancangan aplikasi yang memiliki usability tinggi dengan melakukan pengujian kepada calon pengguna aplikasi yang menjadi tolak ukur tingkat keberhasilan. Kata Kunci : Marketplace, Pasar Cibeureum Ciwidey, Prototyping, Usability Testing, Work System Framework.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 12 Nov 2022 03:11
Last Modified: 12 Nov 2022 03:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/61149

Actions (login required)

View Item View Item