SITINJAK, ZEVANYA CLAUDIA, 185030113 (2022) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN BUKU NOVEL “LASKAR PELANGI” MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTSS SIRNAMISKIN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRI[SI.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP pada Kurikulum 2013 sudah berbasis teks, salah satu jenisnya adalah teks ulasan yang menuntut peserta didik untuk menuangkan gagasan yang bersifat faktual sesuai objek atau karya yang diulas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peneliti dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menulis teks ulasan; mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks ulasan; dan mengetahui tingkat efektivitas penggunaan metode Mind Mapping dalam menulis teks ulasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun hasil dari penelitian ini, yakni peneliti mampu merencanakan pembelajaran menulis teks ulasan buku novel. Peneliti memperoleh nilai perencanaan dengan nilai rata-rata 3,56 di kelas eksperimen dan 3,56 di kelas kontrol, kemudian dalam melaksanakan dan meng evaluasi pembelajaran peneliti memperoleh nilai rata-rata 3,58 pada kelas eksperimen, dan 3,52 di kelas kontrol, sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil dari pretest peserta didik kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata pretest 44, sedangkan kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 18. Hasil posttest peserta didik kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 80, dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 37. Sehingga nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil keefektifan metode Mind Mapping pada kelas eksperimen dilakukan melalui uji Gain dengan memperoleh nilai Mean 64. Sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai Mean 22 dengan metode diskusi. Sehingga penggunaan metode Mind Mapping lebih efektif dibanding metode diskusi. Kata Kunci: Laskar Pelangi, Mind Mapping, Teks Ulasan LEARNING TO WRITE REVIEW TEXT FOR THE NOVEL “LASKAR PELANGI” USING MIND MAPPING METHOD IN CLASS VIII MTSS SIRNAMISKIN BANDUNG
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 08:26 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 08:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/60534 |
Actions (login required)
View Item |