FEMMY RISMALA DEWI, 182010042 (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS: PELAYANAN PARKIR DI JALAN BRAGA). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
Kata Pengantar.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
Cover.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (492kB) | Preview |
Abstract
Retribusi pelayanan parkir di Kota Bandung memiliki potensi Pendapatan Asli Daerah yang cukup besar, dimana salah satu potensi terbesarnya berasal dari sektor pelayanan parkir. Dalam memaksimalkan potensi tersebut maka Pemerintah Daerah Kota Bandung mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2012dan Peraturan Walikota Bandung Nomor 66 tahun 2021. Dalam mengupayakan kebocoran pada penerimaan retribusi parkir, oleh karena itu memanfaatkan terminal parkir elektronik untuk memperbaiki sistem pembayaran menjadi transparan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan retribusi pelayanan parkir dapat berjalan sesuai target yang telah ditentukan. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dan informasi yang didapatkan kemudian dianalisis secara kualitatif dengan teori implementasi kebijakan menurut Edward III yang memiliki empat faktor dalam keberhasilan kebijakan diantaranya komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa implementasi kebijakan retribusi pelayanan parkir sudah terlaksana namun belum optimal karena dalam pelaksanaannya masih mengalami hambatan. hambatan yang timbul dalam mengimplementasikan kebijakan retribusi pelayanan parkir ini antara lain masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan terminal parkir elektronik hal ini disebabkan karena kurangnya sosialisasi kepada masyarakat terhadap penggunaan terminal parkir elektronik sehingga berakibat terhadap penerimaan retribusi parkir yang tidak sesuai target. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Retribusi Parkir, Terminal Parkir Elektronik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 07:54 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 07:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59910 |
Actions (login required)
View Item |