EFEKTIVITAS APLIKASI ETHNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM

Pratiwi, Wanti Endah, 185040021 (2022) EFEKTIVITAS APLIKASI ETHNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstract.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Ringkesan.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (428kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Wanti Endah Pratiwi. 2022. Efektifitas Aplikasi Etno – Edugames Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Ekosistem. Pembimbing satu : Dr. Iwan Setia Kurniawan, M.Pd. Pembimbing dua : Dr.H. Riandi, M.Si. Penguasaan konsep siswa siswa adalah salah satu pendorong bagi siswa agar memahami, menerima, dan mengaplikasikan materi pembelajaran, termasuk juga dalam pembelajaran biologi. Guna mengetahui dan mengukur penguasaan konsep melalui hasil dari penilaian belajar, penulis menggunakan aplikasi Etno – edugames yang menjadi dasar dalam peneliian yang dilakukan. Peneliti bertujuan untuk mengeksplorasi efektifitas aplikasi etno – edugames dalam meningkatkan penguasaan konsep siwa kelas x pada materi ekosistem. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siawa kelas X MIPA 1 dan XMIPA 2 di SMA Pasundan Majalaya. Sedangkan,desain penelitian yang di gunakan adalah kualitatif dan kuantitatif dengan metode quasy – experiment melalui pre – test dan post – test sebanyak 20 soal untuk memperoleh data kuantitatif penguasaan materi setelah di perlakuan. Dan juga menggunakan angket dalam pengumpulan data kualitatif sebagai respon siswa terhadap aplikasi etno – edugames. Dari hasil penelitian Uji T menunjukan bahwa sig. 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 di terima sehingga dinyatakan bahwa terdapat perbedaan pada penguasaan konsep siswa. Hasil N – gain yang di dapat, pada kelas eksperimen N- gain menunjukan 0,74 sehingga masuk pada kriteria sedang lalu pada kelas control memperoleh N – gain menunjukan 0,43 sehingga masuk pada kriteria sedang. Untuk hasil angket, mayoritas siswa memiliki respon yang sangat posistif terhadap pengunaan aplikasi etno – edugames dalam proses belajar. Dari tada twrsebut dapat di simpulkan bahwa penggunaan aplikasi etno – edugames dinyatakan cukup efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Kata Kunci : Aplikasi, Penguasaan Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 24 Oct 2022 01:16
Last Modified: 24 Oct 2022 01:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59808

Actions (login required)

View Item View Item