THE STAGE OF SUPERVISION CAN DETERMINE THE QUALITY OF SERVICE AND MARKETING OF CLEAN WATER

Imas Sumiati, imas.sumiati@unpas.ac.id and NR. Ruyani, ruyani@unpas.ac.id (2022) THE STAGE OF SUPERVISION CAN DETERMINE THE QUALITY OF SERVICE AND MARKETING OF CLEAN WATER. JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN KEUANGAN, 4 (5). pp. 1856-1866. ISSN P-ISSN 2622-2191 , E-ISSN 2622-2205

[img]
Preview
Text
7 The Stage Of Supervision Can Determine The Quality Of Service And Marketing Of Clean Water.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat vital dan mutlak dibutuhkan oleh semua makhluk hidup terutama manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak lepas dari kebutuhan akan air. Untuk itu, penyediaan air bersih sangat diperlukan untuk kebutuhan air minum. Teknik analisis data menggunakan rumus yang dihitung dengan bantuan SPSS. Penelitian ini menggunakan teori pengawasan, kualitas pelayanan dan teori pemasaran. Menggunakan data sekunder yaitu melalui dokumen￾dokumen seperti struktur organisasi, visi misi, data realisasi, dll. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dan metode kualitatif (mix￾method) tepatnya explanatory mix-method design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dengan melakukan wawancara dengan Manajer Pelayanan dan Pengawasan, observasi non partisipan, dan penyebaran kuesioner kepada 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tahapan Pengawasan memberikan penilaian kualitas pelayanan dan pemasaran air bersih yang sama dan searah. Artinya jika pengawasan telah dilakukan dengan benar dan tepat maka kualitas pelayanan dan pemasaran juga akan baik dan sebaliknya jika pengawasan tidak baik maka kualitas pelayanan dan pemasaran juga tidak baik. Kendala yang dihadapi dalam pemantauan kualitas pelayanan dan pemasaran pada PDAM Wilayah Timur Rancaekek Kabupaten Bandung adalah sarana dan prasarana yang kurang baik serta daerah yang masih sulit dijangkau untuk memasarkan atau mendistribusikan air bersih karena pipa yang kecil dan sedikit. Upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dinas perlu memperbaiki dan meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pelayanan serta melaksanakan waduk-waduk untuk pemasaran air bersih agar kualitas pelayanan dapat dilakukan secara cepat dan tepat kepada masyarakat. Kata Kunci: Pengawasan, Kualitas Layanan, Pemasaran

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2021
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 01 Oct 2022 04:07
Last Modified: 11 Oct 2022 08:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59647

Actions (login required)

View Item View Item