PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Rukmana, NPM : 198090003 (2022) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
Artikel Rukmana.pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

Peserta didik SMP dituntut untuk lebih aktif dan kreatif dalam menemukan informasi dan sumber untuk menulis. adalah (a) mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks prosedur pada peserta didik yang pembelajarannya menggunakan PBL dan peserta didik yang pembelajaran konvensional; (b) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model PBL dan peserta didik dengan pembelajaran konvensional; (c) mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks prosedur pada peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model PBL dengan peseta didik yang pembelajarannya konvensional; (d) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran menulis teks prosedur yang pembelajarannya menggunakan model PBL dan konvensional. Penelitian ini menggunakan mix method atau menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif dalam pengolahan data. Hasil penelitian menulis teks prosedur berdampak terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil pretest kelas eksperimen rata-rata 54 dan rata-rata nilai posttest 81 yang menunjukkan kenaikan nilai. Hasil nilai rata-rata prates berpikir kritis 56, dan nilai rata-rata posttest 83, juga menunjukkan kenaikan. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Pembelajaran Menulis, Problem Based Learning, Teks Prosedur

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:39
Last Modified: 19 Sep 2022 04:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59306

Actions (login required)

View Item View Item