HUSNA, GINA ASMAUL, 185040002 (2022) EFEKTIFITAS APLIKASI ETHNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM DI MA DARUL MAARIF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER GINA ASMAUL HUSNA FIXBANGET.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI GINA.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
6. Abstract.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
7. Ringkesan.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
9. Bab I.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
10. Bab II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) |
||
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (175kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar ialah perubahan peserta didik setelah dilakukannya pembelajaran(Eka & Hani. 2021) Hasil belajar diukur dengan menggunakan framework bloom. Penulis menggunakan media pembelajaran aplikasi ethno-edugames yangdijadikan dasar penelitian, Tujuan penelitian ini ialah mengetahui efektifitaspenerapan aplikasi ethno-edugames dengan permainan oray - orayan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa pada materi ekosistem. Subjek penelitianini ialah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 salah satu sekolah MAdi KabupatenBandung . Desain penelitian yang digunakan ialah Kualitatif untuk angket siswa, dan kuantitatif untuk analisis data dengan metode quasy-experiment ataueksperimen semu menggunakan dua kelas yakni kelas kontrol dan kelaseksperimen dengan diberikan pre-test dan post-test sebanyak 25 soal untukmemperoleh data kuantitatif, juga diberikan 50 soal untuk kelas eksperimenmenggunakan aplikasi ethno-edugames, serta diberikan angket respon siswaterhadap hasil belajar untuk kedua kelas dan angket respon siswa terhadapaplikasi ethno-edugames untuk kelas ekperimen. Hasil Penelitian Uji Wilcoxonmenunjukan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) memiliki nilai 0,000 < 0,05. makaH0 ditolak dan Ha diterima shingga dinyatakan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi ethno-edugames. Hasil perhitungan N-gainkelas kontrol ialah 100% dengan kriteria rendah, sedangkan untuk kelaseksperimen nperhitungan N-gain 5,2% kriteria tinggi, 68%kriteria sedang, dan26% kriteria rendah. Hasil angket respon siswa terhadap aplikasi ethno-edugamesdan angket respon siswa terhadap hasil belajar memiliki respon positif. Kata Kunci : Aplikasi ethno-edugame , Ekosistem, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 03:58 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 03:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59304 |
Actions (login required)
View Item |