EFEKTIVITAS APLIKASI ETHNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XI PADA MATERI SISTEM IMUN DI MA DARUL MA’ARIF

APRIANTI, KIRANI, 185040013 (2022) EFEKTIVITAS APLIKASI ETHNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XI PADA MATERI SISTEM IMUN DI MA DARUL MA’ARIF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab II.pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text
12. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran merupakan sebuah proses seseorang untuk dapat terus berkembang sehingga belajar dan sistem pembelajaran merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan didunia pendidikan. Namun sistem pembelajaran di Indonesia seringkali terjadi banyak perubahan, mulai dari kurikulum hingga ke teknologinya. Perubahan teknologi telah memberikan dampak terhadap dunia pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini karena mengikuti perkembangan zaman yang ada dimana saat ini era teknologi berkembangan sangat pesat, sama halnya dengan perkembangan teknologi di lingkup Pendidikan. Dengan begitu tujuan diadakanya penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas penggunaan aplikasi EthnoEdugames apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem imun disalah satu Madrasah Aliyah di Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain Non-equivalent group. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes dan angket respon siswa. Terdapat 2 kelompok sample dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu pada kelas eksperimen sebanyak 13 orang siswa termasuk kedalam kategori sedang (65%) dan 7 orang termasuk kedalam kategori rendah (35%). Sedangkan untuk kelas kontrol seluruh siswa termasuk kedalam kategori rendah (100%). Maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa diantara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga penggunaan aplikasi Ethno-edugames efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa. Adapun hasil angket respon siswa terhadap aplikasi ethnoedugames terdiri dari 10 pertanyaan dengan 3 indikator, indikator pertama mendapatkan hasil sebesar 77,40% termasuk kedalam kategori sangat baik, Indikator kedua sebesar 77,70% termasuk kedalam kategori sangat baik dan pada Indikator ketiga sebesar 78% termasuk kedalam kategori sangat baik. Kata Kunci : Pembelajaran, Efektivitas, Hasil Belajar, Ethno-edugames

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:21
Last Modified: 15 Sep 2022 04:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58956

Actions (login required)

View Item View Item