RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN MINAT CALON MAHASISWA

Gungun Gunawan Wiguna, NPM. 208020065 (2022) RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DAN MINAT CALON MAHASISWA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
Artikel Gungun Gunawan Wiguna.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Perancangan pengembangan digital marketing di Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan ini untuk memenuhi tujuan utamanya yaitu meningkatkan brand awareness dan menjaring calon mahasiswa baru. Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan tergolong baru dan memiliki sumber daya yang terbatas sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat. Hal ini diperparah dengan beberapa kekurangan dalam teknik pemasaran digitalnya sehingga pemanfaatannya kurang optimal. Berangkat dari hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang digital marketing dan membuat rencana pengembangan untuk mencapai tujuan utama. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah para wakil dekan bidang kemahasiswaan, kepala bagian administrasi kemahasiswaan, dan pakar digital marketing dari tim informatika dan teknologi fakultas kedokteran. Metode pengumpulan data dilakukan dengan berbagai teknik antara lain wawancara, dokumentasi, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis SWOT telah dilakukan beberapa langkah terkait kegiatan digital marketing, terdapat kendala dalam penggunaan digital marketing, dan penyusunan rencana pengembangan digital marketing harus diselesaikan. Desain pemasaran digital yang diusulkan dipusatkan pada Manajemen Situs Web, kemudian dioptimalkan oleh mesin pencari. Selanjutnya dilakukan pengembangan sehingga terintegrasi dengan semua media sosial yang ada dan dibuat konten yang menarik. Untuk meningkatkan kinerja situs web, Anda juga dapat menggunakan tautan atau metode pemasaran ulang. Alat pemasaran tambahan adalah Sales Funneling, E-Mail, WhatsApp, dan Telegram. Digital branding adalah salah satu cara yang paling masuk akal untuk menyampaikan keunggulan melalui reputasi dan fasilitas di Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan serta kemitraan nasional dan internasional. Selain itu, digital branding juga sangat membantu dalam hal membangun koneksi dengan calon mahasiswa. Kata Kunci: digital marketing, rancangan pengembangan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: PROCEEDING
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:03
Last Modified: 08 Sep 2022 02:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58860

Actions (login required)

View Item View Item