Tati Ratnaningsih, NPM : 208020101 PERANCANGAN STRATEGIS PENGEMBANGAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN. Thesis(S2) thesis, UNSPECIFIED.
Text
Artikel Tesis_Tati Ratnaningsih_208020101.docx Download (104kB) |
Abstract
Banyaknya jumlah pesaing usaha jasa laboratorium merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh Laboratorium Klinik Mikrotest. Oleh karena itu laboratorium klinik harus memiliki strategi yang tepat agar dapat bersaing dan memenangkan persaingan. Salah satunya adalah dengan berfokus pada kualitas pelayanan untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Rencana strategis diperlukan untuk mengarahkan agar organisasi berjalan secara efisiensi dan efektivitas yang tinggi melalui pengerahan sumber daya secara optimal untuk mencapai visi atau arah strategis sesuai tujuan organisasi. Manajemen strategis menekankan pemantauan dan evaluasi terhadap peluang dan ancaman, serta kekuatan dan kelemahan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rencana strategis dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan pasien di Laboratorium Klinik Mikrotest Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, studi dokumentasi, kuesioner dan focus group discussion. Data yang diperoleh diolah, tahap pertama menggunakan analisis faktor internal dan faktor eksternal, lalu tahap selanjutnya menggunakan matriks IE dan matriks SWOT. Hasil penelitian berdasarkan analisis IFE ( Internal Factor Evaluation ) dan EFE (External Factor Evaluation ) diperoleh bahwa Total Skor IFE sebesar 2,892 dan Total Skor EFE sebesar 2,853. Hasil analisis SWOT dan matriks IE ini menununjukkan bahwa posisi bersaing laboratorium berada pada Kuadran V. Maka strategi bersaing yang tepat untuk kuadran tersebut adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Dalam penelitian ini telah dirumuskan 10 alternatif strategi yang relevan bagi Laboratorium Klinik Mikrotest dalam mewujudkan visi-misinya pada tahun 2026. Yaitu, Membangun budaya pelayanan prima ; Meningkatkan kepuasan pasien; Menambah jenis pelayanan laboratorium; Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia; Menawarkan kemudahan pelayanan dan tarif yang kompetitif; Pengembangan program pemasaran; Peningkatan mutu pelayanan laboratorium; Membeli atau menyewa peralatan laboratorium terbaru; Membangun sistem IT yang mandiri dan terpadu; dan Perbaikan sarana pendukung pelayanan laboratorium . Kata kunci : rencana strategis; IFE,EFE; Matriks IE; Matriks SWOT
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2022 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 00:25 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 01:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58473 |
Actions (login required)
View Item |