MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI METODE MIND MAP PADA PERKULIAHAN PEDAGOGIK

Maman, Maman and Hendrayana, Sopyan and Indriyani, Yuni (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI METODE MIND MAP PADA PERKULIAHAN PEDAGOGIK. Sepeda(Seminar Pendidikan Dasar) PGSD FKIP Unpas, 1 (1). ISSN 9-789798-793974

[img]
Preview
Text
P.MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA_YUNI21072022.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.ph...

Abstract

Mata kuliah pedagogik merupakan Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) yang memiliki muatan yang umum tentang cara memahami pendidikan terhadap anak. Penguasaan konsep akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai calon dosen yang siap menjadi agen of change bagi para mahasiswanya. Oleh sebab itu kegiatan perkuliahan pedagogik pada semester dua haruslah benar-benar mampu memenuhi kebutuhan penguasaan konsep mahasiswa. Demi tercapainya hal tersebut di atas tentu seorang dosen, khususnya dosen pedagogik harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal penyajian materi. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa tertarik dalam mengikuti perkuliahan pedagogik sehingga materi dan nilai-nilai yang disampaikan dosen dapat diserap mahasiswa secara maksimal dengan menghasilkan hasil perkuliahan yang meningkat. Adapun penelitian ini menggunakan metode Mind Map dengan menggunakan sistem PTK kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode Mind Map hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah pedagogik mengalami peningkatan, dimana pada siklus I mencapai 2.67, siklus II mencapai 3.35, serta siklus III mencapai 3.78. Berdasarkan hasil refleksi dan wawancara peningkatan tersebut dikarenakan setiap mahasiswa mendapat kesempatan untuk berkreasi dalam membuat peta konsep materi dengan menggunakan metode Mind Map, sehingga ketika diberikan soal ujian mahasiswa mendapat kemudahan dalam mengembangkan jawaban uraian. Kata Kunci: Hasil belajar, metode mind map, pedagogik

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Aug 2022 02:12
Last Modified: 13 Aug 2022 02:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58396

Actions (login required)

View Item View Item