Analisis Strategi Keunggulan Bersaing Pemasaran Melalui Inovasi Produk Guna Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada PT Tama Cokelat Indonesia di Kabupaten Garut)

KIKI GUMELAR, NPM : 179010020 (2022) Analisis Strategi Keunggulan Bersaing Pemasaran Melalui Inovasi Produk Guna Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus pada PT Tama Cokelat Indonesia di Kabupaten Garut). Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
artikel kiki gumelar Unpas.docx

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapapan strategi peningkatan kinerja pemasaran melalui inovasi produkm dan hubungannya dengan strategi dan langkah langkah yang dilakukan atas produk PT. Tama Cokelat Indonesia dengan mengoptimalkan kreativitas sumber daya manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan, dan/atau teknologi. dilakukan secara secara sistematis, terstruktur, dan berkelanjutan.. Penelitian berfokus pada studi single case di PT. Tama Cokelat Indonesia dengan perbandingan multistage antara dua produk yaitu Chocodot dan Gumsberry yang dilakukan menggunakan metoda penelitian kualitatif, Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan yaitu : Strategi keunggulan bersaing saat ini pada PT. Tama Cokelat Indonesia sangat baik dan berhasil ketika produk chocodot diluncurkan karena memiliki Keunggulan Produk dengan kemasan yang unik nya serta kualitas produk yang diakui secara formal Keunggulan produk ini mampu dipromosikan dengan maksimal baik melalui media Online maupun secara Offline selanjutnya Kinerja strategi keunggulan bersaing Chocodot mampu meningkatkan kinerja hal ini terbukti dari tingkat kenaikan produksi dan omzet sampai dengan tahun 2018 diatas 100% pada tahun 2015 mencapai 300% sedangkan tahun 2019 sampai dengan 2021 menurun tajam sebagai akibat terjadinya pandemic Covid 19 terhadap industry pariwisata. Implementasi penciptaan produk diawali dengan melakukan sebuah Research atas kinerja produk existing untuk dievaluasi disamping itu Hambatan-hambatan yang dialami saat ini pada PT. Tama Cokelat Indonesia adalah dari sisi factor internal yaitu kemampuan manpower existing, dan factor kebijakan pemerintah terkait izin edar. Pada akhirnya Kinerja penjualan Chocodot sebelum di ciptakan produk Gumsberry terus mengalami kenaikan contohnya tahun 2013 jumlah penjualan sebesar 67.988 pcs senilai Rp.1.572.441.845 atau naik sebesar 306% dari omzet tahun sebelumnya kemudian pada tahun 2014 jumlah penjualan sebesar 120.366 pcs atau senilai Rp. 3.763.395.900 mengalami peningkatan sebesar 239% dibanding tahun sebelumnya,Pada tahun 2016 kinerja penjualan perusahaan melalui chocodot saja hanya mencapai Rp 5.909.961.182 setelah produk gumsberry diluncurkan secara presentasi kenaikan penjualan chocodot mengalami penurunan sebesar 20% dari 131% menjadi 115% namun dari sisi pendapatan perusahaan mengalami kenaikan sebesar 145% Key Word : Strategi pemasaran, inovasi produk, Kinerja pemasaran

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:09
Last Modified: 10 Aug 2022 03:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58336

Actions (login required)

View Item View Item