PERSEPSI PEMBACA BUKU AUDIOBOOK DI KOTA BANDUNG

Alton Benny Putra, 182050097 (2022) PERSEPSI PEMBACA BUKU AUDIOBOOK DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak - 3 Bahasa.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Persepsi Pembaca Buku Audiobook di Kota Bandung”. Penelitian dibuat untuk mengetahui persepsi (sensasi, atensi & interpretasi) dari pembaca buku mengenai audiobook, dimana awal mulanya penulis baru mengetahui audiobook tersebut melalui akun twitter yang merupakan seorang pendiri Zenius & akun twitter @literarybase yang selalu membahas mengenai literasi. Penulis mulai menelusuri lagi mengenai audiobook di platform youtube serta twitter, dan diketahui dari komentar-komentar yang ada, cukup banyak pembaca buku yang menggunakan audiobook ini sebagai alternatif untuk menambah wawasan. Namun di youtube dan twitter, belum ditemukan orang Indonesia yang membahas mengenai ini sehingga penulis akhirnya ingin mengetahui bagaimana persepsi dari pembaca buku mengenai audiobook di Indonesia. Penulis menggunakan metode kualitatif guna mengetahui bagaimana pembaca buku mendeskripsikan persepsi mereka terhadap audiobook dengan harapan mendapatkan gambaran keadaan yang sebenarnya. Penulis juga menggunakan paradigma konstruktivisme karena paradigma ini percaya bahwa objektivitas dunia fisik tidak dapat dicapai selain oleh pikiran manusia itu sendiri. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data secara studi lapangan & dokumentasi. Penulis juga menggunakan teori persepsi dari buku Moleong yang teori tersebut pertama kali diciptakan oleh Kennet K. Sereno & Edward M. Bodaken. Penelitian ini mendapatkan hasil dimana dari sisi sensasi, pembaca buku mendapatkan sensasi/pengalaman baru dalam cara mereka untuk menambah wawasan/memahami isi buku, karena audiobook yang berbasis audio menggunakan telinga sebagai reseptornya dimana reseptor ini tidak membutuhkan tingkat fokus setinggi saat menggunakan reseptor penglihatan. Fleksibilitas, efisiensi waktu dan kepraktisan dari audiobook merupakan faktor dari atensi yang didapatkan pembaca buku. Interpretasi dari pembaca buku mengenai audiobook adalah positif, maksudnya adalah mayoritas dari informan inti (pembaca buku) percaya bahwa audiobook ini dapat menjadi alternatif literasi selain membaca, khususnya di Indonesia yang memiliki masyarakat dengan tingkat baca yang rendah namun merupakan jumlah pendengar podcast terbanyak di dunia ke-3. Kata Kunci: audiobook, persepsi, pembaca buku

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 27 Apr 2022 07:54
Last Modified: 27 Apr 2022 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57080

Actions (login required)

View Item View Item