Hijrah Mutmainah, NPM. 20802069 (2022) PENGARUH KETELADANAN GURU DAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TERHADAP KARAKTER SISWA SERTA IMPLIKASINYA TERHADA PRESTASI BELAJAR DI SMK PASUNDAN 2 GARUT. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
Artikel Hijrah Mutmainah.docx Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi keteladanan guru, kegiatan ekstrakurikuler, karakter siswa dan prestasi belajar di SMK Pasundan 2 Garut serta untuk mengetahui bagaimanapengaruh keteladanan guru dan kegiatan ekstrakurikuler terhadap karakter siswa serta implikasinya terhadap prestasi belajar di SMK Pasundan 2 Garut. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan yang berguna untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK Pasundan 2 Garut yang didasarkan pada pencapaian prestasi belajar, melalui karakter yang baik ,keteladanan guru dan kegiatan ekstrakurikuler. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan teknik probability sampling. Berdasarkan paradigma dan hipotesis penelitian yang telah ditetapkan, maka analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (Path Analysis) Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan keteladanan guru terhadap karakter siswa di SMK Pasundan 2 Garut sebesar 29.85%, 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kegiatan ekstrakurikuler terhadap karakter siswa di SMK Pasundan 2 Garut sebesar 37.66%, 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan keteladanan guru dan kegiatan ekstrakurikuler secara simultan terhadap karakter siswa di SMK Pasundan 2 Garut sebesar 67.60%, 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan karakter siswa terhadap prestasi belajar di SMK Pasundan 2 Garut sebesar 81.50%. Kata Kunci: Keteladanan guru, Kegiatan Ekstrakurikuler, Karakter siswa, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2022 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 07:33 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 07:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57052 |
Actions (login required)
View Item |