ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOPAY VERSI “RAHASIA SIAP JADI SUAMI” DENGAN HASHTAG RUMAH TANGGAP

Shufi Anandipinto, 152050334 (2022) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOPAY VERSI “RAHASIA SIAP JADI SUAMI” DENGAN HASHTAG RUMAH TANGGAP. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 BAB 2.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 BAB 1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 KATA PENGANTAR.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Semiotika Iklan Gopay Versi ‘Rahasia Siap Jadi Suami’ dengan Hashtag Rumah Tanggap”. Iklan ini memiliki makna dan tanda-tanda yang dapat dimaknai sebagai wujud dalam memahami kehidupan. Iklan merupakan alat promosi utama suatu produk sehingga hasil yang diciptakan harus dapat menggambarkan sedikitnya pesan apa yang ingin disampaikan oleh iklan tersebut karena setiap iklan memiliki maksud dan tujuan tersendiri dalam produksinya. Begitu pula dengan Iklan Gopay Versi “Rahasia Siap Jadi Suami” dengan Hashtag Rumah Tanggap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna sign, object dan interpretant yang terdapat dalam iklan Gopay Versi “Rahasia Siap Jadi Suami” dengan Hashtag Rumah Tanggap. Serta mencari tahu bagaimana sebuah iklan dapat membentuk realitas sosial yang dapat mempengaruhi pandangan dan pola berpikir masyarakat yang menyaksikannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang merupakan suatu penelitian yang mendalam. Metode penelitian kualitatif digunakan apabila masalah penelitian belum jelas memahami suatu makna yang tampak. Serta menggunakan teori Semiotika Charles Sanders Peirce untuk menganalisis makna-makna yang terdapat dalam setiap adegan di dalam iklan Gopay Versi “Rahasia Siap Jadi Suami” dengan Hashtag Rumah Tanggap dengan mengacu pada teori Konstruksi Realitas Sosial Peter L. Berger dan Luckman. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa dalam iklan Gopay Versi “Rahasia Siap Jadi Suami” dengan Hashtag Rumah Tanggap memiliki makna sign, object dan interpretant dalam settiap adegannya. Serta memiliki kaitan erat dengan realitas dalam kehidupan masyarakat, sehingga terdapat pesan moral yang dapat ditarik. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai masukan yaitu untuk para pembuat iklan dan akademisi periklanan, ciptakanlah sebuah iklan yang efektif dan berkualitas untuk menunjang promosi produk, dan kepada khalayak yang menyaksikannya jadilah penonton yang bijaksana dan dapat melihat suatu karya dari berbagai sisi serta dapat mengambil nilai positif dari karya tersebut. Kata Kunci: Sign, Object, Interpretant.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2015
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:37
Last Modified: 14 Apr 2022 02:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56725

Actions (login required)

View Item View Item