KONTROVERSI DALAM MEDIA BARU (Analisis Semiotika Konten Youtube Podcast Babeh Aldo Bersama Dr. Lois Owien yang Diunggah Pada 10 Juli 2021)

Anita Purnamasari Fahrudin, 172050159 (2022) KONTROVERSI DALAM MEDIA BARU (Analisis Semiotika Konten Youtube Podcast Babeh Aldo Bersama Dr. Lois Owien yang Diunggah Pada 10 Juli 2021). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “KONTROVERSI DALAM MEDIA BARU (Analisis Semiotika Konten Youtube Podcast Babeh Aldo bersama Dr. Lois Owien yang Diunggah Pada 10 Juli 2021)” . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanda, petanda, dan realitas eksternal dari konten podcast yang ada di youtube menggunakan analisis semiotika model Ferdinand De Saussure. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif yang terdiri dari satu informan inti dan lima informan pendukung. Pengumpulan data diperoleh melalui proses wawancara mendalam, observasi dan studi kepustakaan. Teori pendukung yang digunakan yaitu teori konstruksi realitas sosial milik Peter L Berger dan Thomas Luckmann yang digunakan untuk menganalisis makna yang ada di beberapa bagian yang ada dalam konten podcast. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penanda dan petanda merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Penanda dan petanda dalam konten podcast Babeh Aldo bersama Dr. Lois Owien mengenai pandemi covid-19 yang saat ini sedang melanda seluruh Negara di penjuru dunia ini memiliki makna tentang kebebasan seseorang dalam berpendapat mengenai hal apapun. Kesimpulan yang di dapat dalam konten podcast Babeh Aldo bersama Dr. Lois Owien ini terdapat 6 bagian potongan video yang diharapkan menjadi pembelajaran untuk masyarakat lain yang hendak berpendapat agar lebih berhati￾hati dalam menyuarakan pendapatnya apalagi dalam media sosial yang bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun, sehingga tidak menimbulkan dampak buruk bagi orang lain. Kata Kunci: Kontroversi, Konten, Semiotika Ferdinand De Saussure

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 26 Mar 2022 04:43
Last Modified: 26 Mar 2022 04:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56506

Actions (login required)

View Item View Item