Diplomasi Jepang Melalui Game Popular Pokémon Go Sebagai Instrumen Soft Diplomacy Jepang di Indonesia

Shafira Naufieta Ressa, 172030027 (2022) Diplomasi Jepang Melalui Game Popular Pokémon Go Sebagai Instrumen Soft Diplomacy Jepang di Indonesia. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB I - Shafira Naufieta Ressa - 172030027.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka - Shafira Naufieta Ressa - 172030027.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan - Shafira Naufieta Ressa - 172030027.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - Shafira Naufieta Ressa - 172030027.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Bahasa - Shafira Naufieta Ressa - 172030027.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover - Shafira Naufieta Ressa - 172030027.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Diplomasi merupakan cara yang dilakukan berbagai negara untuk mencapai kepentingan nationalnya. Tentu saja negara ingin mendapatkan pandangan yang baik dimata dunia global, maka jalan yang dapat digunakan adalah dengan berdiplomasi. Jepang menyebarkan budaya populernya dalam berbentuk game kepada negara - negara lain melalui game Pokémon Go yang juga strategi dari soft diplomacy yang di lakukan oleh Jepang. Japanese Pop Culture Budaya Populer Jepang sukses mengambil hati masyarakat global, dimana yang termasuk ke dalam Budaya Populer Jepang tersebut seperti manga (komik), japanese music (J-music), serial film, anime dan lain ± lain. Banyaknya budaya yang dihasilkan Jepang dan telah dikenal oleh masyarakat global, hal tersebut tanpa disadari telah memperkenalkan nilai ± nilai yang terkandung dalam budaya tradisional yang dimiliki oleh Jepang. Nintendo merupakan perusahaan yang memiliki waralaba Pokémon (pocket monster) dan yang pertama mengenalkan game ini ke Game Boy. Permainan populer ini terbukti telah berkembang menjadi waralaba sukses yang merangkul ke dalam mainan, kartu trading, manga, dan TV. Beberapa tahun kemudian Pokémon berkembang lebih pesat lagi yang telah berhasil masuk ke dalam game dengan kualitas terbaik. Melalui kerangka konseptual yang telah disusun, penulis berupaya menjelaskan usaha lembaga-lembaga Internasional yang dideklarasikan untuk fokus meneliti strategi diplomasi yang dilakukan oleh Jepang melalui game Pokémon Go di Indonesia. Dalam meneliti hal ini penulis memilih metode penelitian kualitatif (deskrptif) yang dalam pelaksanaanya penulis menganalisa data ± data utama yang nyata yang berkaitan dengan data sekunder beserta fakta dan bukti yang pada akhirnya akan disimpulkan. Kata Kunci : Diplomasi, Pokémon Go, Soft Diplomacy, Diplomasi Jepang di Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:57
Last Modified: 22 Mar 2022 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56420

Actions (login required)

View Item View Item