PENGARUH PENAMBAHAN TINTA CUMI-CUMI (Logilo sp.) DAN PERBANDINGAN TEPUNG KOMPOSIT TERHADAP KARAKTERISTIK SATSUMA AGE IKAN GABUS (Channa Striata)

Afriliani, Nurlaelasari (2022) PENGARUH PENAMBAHAN TINTA CUMI-CUMI (Logilo sp.) DAN PERBANDINGAN TEPUNG KOMPOSIT TERHADAP KARAKTERISTIK SATSUMA AGE IKAN GABUS (Channa Striata). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Afriliani Nurlaelasari - 143020011 - Teknologi Pangan.pdf

Download (451kB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi tinta cumi-cumi dan perbandingan tepung komposit (tepung sagu dan tepung ubi jalar) terhadap karakteristik satsuma age ikan gabus. Penelitian utama yang dilakukan adalah analisis respon kimia dan respon organoleptik terhadap satsuma age ikan gabus. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan faktorial 3x3 dengan 3x ulangan dalam rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor A (konsentrasi tinta cumi-cumi) dan faktor B (perbandingan tepung komposit tepung sagu dan tepung ubi jalar). Rancangan respon terdiri dari respon kimia berupa kadar air dan kadar protein, dan respon organoleptik (uji hedonik) terhadap atribut warna, rasa, aroma dan tekstur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi tinta cumi-cumi berpengaruh nyata terhadap warna, rasa, aroma, tekstur, kadar air dan kadar protein. Perbandingan tepung komposit (tepung sagu dan tepung ubi jalar) berpengaruh nyata terhadap warna, rasa, aroma, tekstur dan kadar air. Interaksi kedua faktor berpengaruh nyata terhadap warna, rasa, aroma, tekstur dan kadar air. Sampel terpilih yaitu perlakuan a3b (tinta cumi-cumi 3%, perbandingan tepung komposit 1:1) dengan kadar air 46,62% dan kadar protein 7,20%. Kata kunci: satsuma age, tepung sagu, tepung ubi jalar, tinta cumi-cumi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2022
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:48
Last Modified: 07 Mar 2022 01:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56011

Actions (login required)

View Item View Item