DEWI KOMALAWATI, NPM : 198090001 (2022) PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IX MTs NEGERI 1 BANDUNG KAB. BANDUNG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.
Text
artikel_Dewi Komalawati (MPBI).docx Download (81kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis tanggapan, terutama saat pembelajaran daring akibat pandemi covid-19 yang berakibat pada rendahnya hasil belajar menulis teks tanggapan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas IX dengan memanfaatkan android melalui model blended learning (pembelajaran bauran). Penelitian ini menggunakan desain penelitian campuran (mixed metode) tipe penyisip (the embedeed design). Dalam penelitian ini, pengolahan data lebih menekankan pada pengujian kualitatif. Pengujian dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX.A MTs Negeri 1 Bandung Kab. Bandung yang berjumlah 31 siswa yang dipilih berdasarkan teknik sampling nonprobabilitas. Data dianalisis berdasarkan hasil pretest dan posttest serta observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran. Perbandingan hasil tes menunjukkan ada peningkatan kemampuan menulis teks tanggapan siswa kelas IX.A. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara penerapan model blended learning dengan berpikir kritis siswa. Peningkatan nilai tertinggi pretest-posttest kemampuan menulis teks tanggapan yaitu dari 66 menjadi 85 dan nilai terendahnya pun mengalami peningkatan dari 24 menjadi 33. Kata kunci: berpikir kritis, blended learning, menulis teks tanggapan
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 04:35 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 04:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55752 |
Actions (login required)
View Item |