REPRESENTASI BUSANA MUSLIM PEMUDA HIJRAH DI CHANNEL YOUTUBE SHIFT MEDIA

Yogi Muhamad Yusuf, yogimyusuf@unpas.ac.id and Vikry Abdullah Rahiem, vikry.ar@gmail.com. and Wawan Wartono, wawan.wartono@unpas.ac.id and Charisma Asri Fitrananda, Charisma.asri@unpas.ac.id (2022) REPRESENTASI BUSANA MUSLIM PEMUDA HIJRAH DI CHANNEL YOUTUBE SHIFT MEDIA. Jurnal Komunikasi Global, 10 (2). pp. 294-311. ISSN 2614-7998

[img]
Preview
Text
Jurnal Komunikasi Global - Wawan Wartono.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Busana secara simbolik merupakan bentuk komunikasi nonverbal yang dapat mengikat suatu komunitas. Pemuda hijrah dalam komunitas Shift di Youtube berusaha menyajikan keberagaman busana dan citra simbolis dalam video-video dakwah yang menampilkan Ustaz Hanan Attaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi busana muslim yang ditampilkan oleh Pemuda Hijrah di Channel Youtube Shift Media dalam rangka menarik perhatian generasi milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah studi etnografi virtual, dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan teori interaksi simbolik. Hasil penelitian menunjukkan representasi busana muslim yang ditampilkan dalam video komunikasi dakwah Pemuda Hijrah di Channel Youtube Shift Media bertujuan untuk melakukan pembauran dengan jamaah anak muda. Dengan menentukan segmentasi khalayak, kreator Channel Youtube Shift Media mencoba untuk menggeser busana muslim menjadi busana kasual yang lebih dekat dengan milenial saat mendatangi kegiatan kajian dakwah. Proses kontruksi makna denotatif busana muslim ditandai oleh Ustaz Hanan Attaki yang kerap tampil dengan menggunakan kemeja, kaos atau sweater dan penutup kepala model reggae (topi kupluk). Kata Kunci: Citra Simbolis, Komunikasi Dakwah, Komunitas Shift, Youtube

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2021
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:43
Last Modified: 15 Feb 2022 03:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55669

Actions (login required)

View Item View Item