NISA, KHOIRUN, 175060133 (2022) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER (Khoirun Nisa 175060133).pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN (Khoirun Nisa 175060133).pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK (Khoirun Nisa 175060133).pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I (Khoirun Nisa 175060133).pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II (Khoirun Nisa 175060133).pdf Download (510kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III (Khoirun Nisa 175060133).pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
|
Text
12. BAB IV (Khoirun Nisa 175060133).pdf Download (658kB) | Preview |
|
Text
13. BAB V (Khoirun Nisa 175060133).pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA (Khoirun Nisa 175060133).pdf Download (420kB) | Preview |
Abstract
Sebagian besar guru belum mengetahui dan memahami penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi seperti Kahoot. Kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran atau hanya menggunakan satu media pembelajaran. Pembelajaran dengan metode ceramah dan berpusat pada guru menyebabkan kebosanan pada siswa sehingga motivasi belajar pun menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar berdasarkan hasil-hasil penelitian terdahulu.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan dalam adalah penelitian kepustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis beberapa jurnal artikel, baik jurnal nasional maupun internasional. Penggunaan aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan pada hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Kahoot dalam kelas mempengaruhi motivasi belajar siswa. Karena dengan memanfaatkan teknologi melalui Kahoot proses pembelajaran akan lebih efektif, siswa lebih termotivasi dalam belajar, dan membantu guru untuk mengevaluasi kemampuan atau kesulitan siswa dalam belajar .Diharapkan untuk pendidik menggunakan aplikasi pembelajaran seperti Kahoot, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Bagi siswa dengan penggunaan media internet berbasis permainan edukasi diharapkan untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Bagi sekolah, agar bisa mengoptimalkan sarana dan prasarana sekolah yang mendukung penggunaan media pembelajaran berbasis internet. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Aplikasi Kahoot
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 10:16 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 10:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55365 |
Actions (login required)
View Item |