PERANAN PENGGUNAAN TEKNIK GITAR KLASIK PADA SKILL BERMAIN GITAR ELEKTRIK BAGI PEMULA DI PURWACARAKA MUSIC STUDIO. Ardhi Shiddieq:166040026

Ardhi Shiddieq, Dr. Hin Hin Agung Daryana, S.Sn., M.Sn (2021) PERANAN PENGGUNAAN TEKNIK GITAR KLASIK PADA SKILL BERMAIN GITAR ELEKTRIK BAGI PEMULA DI PURWACARAKA MUSIC STUDIO. Ardhi Shiddieq:166040026. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
Peranan Penggunaan Teknik Gitar Klasik Pada Skill bermain gitar elektrik bagi pemula di Purwacaraka Music Studio.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan penggunaan teknik gitar klasik pada skill bermain gitar elektrik bagi pemula di tempat kursus musik. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam penelitian ini. Data-data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan beberapa narasumber yang dilakukan disalah satu tempat kursus musik yang ada di Bandung yang terdapat pembelajaran gitar klasik, yaitu di Purwacaraka Music Studio. Untuk menganalisis data tersebut, penulis menggunakan teori pembelajaran karena dapat dianggap relevan dengan persoalan penelitian. Hasil penemuan dalam penelitian ini adalah perbedaan anatomi bagian-bagian gitar klasik dan gitar elektrik, teknik dasar, dan pengaruhnya meningkatkan kepercayaan diri dari segi mental dan motorik yang dihasilkan dari pembelajaran gitar klasik tersebut. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa teknik gitar klasik dapat mempengaruhi skill dalam permainan gitar elektrik bagi pemula tersebut, namun terdapat pula teknik yang kurang efektif dimainkan oleh pemula pada gitar elektrik karena perbedaan mendasar dari kedua jenis gitar ini. Hasil dari penelitian ini berguna untuk pengetahuan umum di masyarakat agar mengetahui bahwa teknik gitar klasik dapat mempengaruhi skill pada permainan gitar elektrik. Kata kunci: Peranan, Gitar Klasik, Gitar Elektrik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2021
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:28
Last Modified: 28 Dec 2021 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54840

Actions (login required)

View Item View Item