BACHRI, MUHAMMAD SYAMSUL, 165050065 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ASSURE (ANALYZE, STATE. SELECT, UTILIZE, REQUIRE, EVALUTING). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak Bahasa Sunda.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (443kB) | Preview |
|
Text
8. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (595kB) |
||
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
||
Text
10. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
|
Text
11. Daftar Pustaka.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat penting kuasai siswa yang belajar matematika. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah model pembelajaran Assure. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan: (1) Konsep kemampuan pemecahan masalah matematis menurut para ahli pendidikan matematika; (2) Tahapan model pembelajaran Assure berdasarkan literatur-literatur yang relevan; (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah mendapatkan model pembelajaran Assure. Metode penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik Editing, Organizing dan Finding dengan analisis data yang digunakan yaitu deduktif, induktif dan historis. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pemecahan masalah matematis merupakan suatu proses menggunakan pengetahuan, pemahaman serta keterampilan untuk berusaha menyelesaikan masalah yang baru dikenalnya; (2) Model pembelajaran Assure merupakan prosedur perencanaan pembelajaran yang mengkombinasikan antara metode, media dan bahan ajar. Tahapan model pembelajaran Assure yaitu Analyze learners characteristics; State objectives; Select methods, media and materials; Utilize methods, media and materials; Requires learner participation dan Evaluation and revision; (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah mendapatkan model pembelajaran Assure mengalami peningkatan karena model desain pembelajaran Assure lebih efektif untuk hasil belajar dan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa daripada model pembelajaran PPSI dan dokumen pembelajaran yang tak dikembangkan dengan model pembelajaran Assure. Penggunaan model pembelajaran Assure lebih cocok diterapkan pada kelompok siswa yang memiliki gaya belajar visual dan kinestetik. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Assure
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021 |
Depositing User: | Mrs Nikita - |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 02:20 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 02:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54402 |
Actions (login required)
View Item |