Rizky Indin Saputra, 161000139 (2021) ANALISIS TANGGUNGJAWAB HUKUM SECARA PERDATA OLEH PENGELOLA PARKIR TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN DITUTUP DENGAN KLAUSUL EKSENORASI DAN DI HUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.
|
Text
A.COVER.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
F.BAB I.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
G.BAB II.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text
H.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
||
Text
I.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
Text
J.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (371kB) | Preview |
Abstract
Parkir merupakan kebutuhan yang harus ada. Khususnya di tempat-tempat umum dengan tujuan agar kendaraan yang datang dapat terstruktur dan tertata dengan rapi dan aman. Akan tetapi, kebutuhan akan parkir tersebut digunakan oleh pengelola parkir atau tukang parkir untuk menghilangkan kewajibannya apabila terjadi kerusakan dan/atau kehilangan dengan cara mencantumkan klausula baku dalam karcis parkir. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keabsahan klauulaa eksenorasi dalam karcis parkir, khususnya di mall plaza Parahyangan. Serta untuk mengetahui tanggungjawab hukum dan sistem pengelolaan parkir di mall plaza Parahyangan agar terhindar dari kerusakan dan/atau kehilangan kendaraan yang diparkirkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis, dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kepustakaan terdiri dari dokumentasi dan lapangan terdiri dari wawancara dan observasi. Sedangkan alat yang digunakan berupa catatan kecil dan daftar pertanyaan terstruktur. Dalam menganalisis data menggunakan yuridis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pencantuman klausul eksenorasi dalam karcis parkir mall plaza Parahyangan tidak memenuhi standar perparkiran berdasarkan pada uu no. 8 tahun 1999 ttg perlindungan konsumen sehingga dianggap tidak sah. Sedangkan apabila terjadi kehilangan dan atau kerusakan, bentuk tanggung jawab hukumnya adalah dengan memberikan ganti rugi sesuai dengan hukum perjanjian. Oleh karena itu, dalam mengantisipasi kerusakan dan atau kehilangan maka pihak mall plaza Parahyangan melakukan penjagaan ketat dengan cara memberikan pos penjagaan bagi security, CCTV, sistem kerja siff, pemeliharaan dan pembersihan fasilitas penunjang dan area parkir.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2021 |
Depositing User: | Mr Hadiana - |
Date Deposited: | 26 Nov 2021 06:21 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 06:21 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54376 |
Actions (login required)
View Item |