“PENGARUH APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR” (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 9 Bandung)

Pusti, Ryssa Sahda Raniah, 175020085 (2021) “PENGARUH APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR” (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 9 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB 1.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
14. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (636kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) gambaran media pembelajaran berbasis aplikasi quizizz (ii) gambaran motivasi belajar peserta didik (iii) gambaran prestasi belajar peserta didik (iv) pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi quizizz terhadap peningkatan motivasi belajar (v) pengaruh media pembelajaran berbasis aplikasi quizizz terhadap peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMAN 9 Bandung. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS 4 SMAN 9 Bandung. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data untuk variabel X dan Y1 menggunakan angket atau kuesioner dengan teknik analisis data regresi linier sederhana sedangkan untuk variabel Y2 menggunakan studi dokumentasi dengan mengumpulkan hasil ulangan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) peserta didik setuju dengan penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi quizizz dengan rata-rata persentase sebesar 3,56, motivasi belajar peserta didik dianggap baik dengan rata-rata sebesar 3,76, prestasi belajar peserta didik termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata sebesar 84,91 (ii) terdapat pengaruh sebesar 61,3% antara media pembelajaran berbasis aplikasi quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik dengan analisis statistic t hitung > t tabel (10,131 > 2,007) (iii) terdapat pengaruh sebesar 53,6% antara quizizz terhadap prestasi belajar peserta didik dengan analisis statistic t hitung > t tabel (8,671 > 2,004). Pada akhir penelitian ini penulis menyarankan (i) siswa untuk menumbuhkan motivasi dan meningkatkan prestasi belajar dan manfaatkan teknologi yang ada untuk menambah ilmu pengetahuan (ii) guru diharapkan dapat membangun pembelajaran baru yang aktif dan kreatif (iii) diharapkan pihak sekolah dapat memenuhi fasilitas sarana dan prasarana secara maksimal pada masa pembelajaran daring (iv) penelitian selanjutnya untuk mencari referensi lebih banyak lagi agar memperoleh hasil penelitian yang lebih baik. Kata Kunci: Aplikasi Quizizz, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 17 Nov 2021 02:37
Last Modified: 17 Nov 2021 02:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54257

Actions (login required)

View Item View Item