Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMA melalui Media Pembelajaran Online Carrd.co

HUSNUL C, RYZMA ZELIKA (2021) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMA melalui Media Pembelajaran Online Carrd.co. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. Abstrak Indonesia.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. Abstrak Inggris.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. Abstrak Sunda.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB_I.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB_II.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] Text
13. BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
14. BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (405kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran merupakan hal yang penting dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran online. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran online yang menarik, efektif dan efisien bagi peserta didik, agar kegiatan pembelajaran dapat tetap berlangsung secara optimal. Adapun salah satu media pembelajaran online alternative yang dapat digunakan, yaitu media pembelajaran online berbasis web Carrd.co. Media pembelajaran ini merupakan media pembelajaran berbasis web yang mudah diakses kapan dan dimanapun siswa berada dengan mudah. Selain itu, media pembelajaran ini juga tidak menghabiskan banyak kuota, mudah digunakan dan memiliki tampilan serta fitur yang menarik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: apakah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh media pembelajaran Carrd.co lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh media pembelajaran Google Classroom; apakah motivasi belajar siswa yang memperoleh media pembelajaran Carrd.co lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh media pembelajaran Google Classroom; apakah terdapat kolerasi antara kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh media pembelajaran Carrd.co. Model penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan nonequivalent control group design yang melibatkan kelompok kelas kontrol dan kelas eksperimen dan melalui pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 17 Bandung dengan objeknya yaitu Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Siswa dengan menggunakan Media Pembelajaran Carrd.co. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh media pembelajaran Carrd.co tidak lebih tinggi daripada media pembelajaran Google Classroom. 2) Motivasi belajar siswa yang memperoleh media pembelajaran Carrd.co tidak lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh media pembelajaran Google Classroom. 3) Terdapat kolerasi antara kemampuan pemahaman matematis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh media pembelajaran Carrd.co. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis; Motivasi Belajar Siswa, dan Media Pembelajaran Online Carrd.co

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Nov 2021 01:58
Last Modified: 13 Nov 2021 01:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54217

Actions (login required)

View Item View Item